Alasan Sikat Gigi Sangat Penting Oleh Ahli Gigi

Terungkaplagi 8.9.10
Jangan sepelekan aktivitas membersihkan gigi secara rutin. Ia dapatmenyelamatkan hidup anda.


Sebuah studi yang digagas University of Bristol mengungkap meningkatnya masalah jantung yang disebabkan penyakit gusi mengharuskan setiap individu secara cermat memperhatikan kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, mikroba yang terdapat dalam gigi dan mulut dapat memasuki aliran darah melalui pendarahan gusi.


“Perkembangan bakteri dalam fase tertentu tidak bisa ditanggulangi oleh sistem pertahan tubuh melainkan perlu sokongan antibiotik guna mengobati infeksi,” ungkap pemimpin riset Profesor Howard Jenkinson. Dia juga mengatakan penggumpalan platelet membantu bakteri menyerang katup jantung atau menyebabkan radang yang menghambat pasokan darah menuju jantung dan otak.


Ketika berbicara dihadapan Komunitas Pakar Mikorbiologi musim gugur tahun lalu, Jenkinon mengatakan bakteri gigi dan mulut dapat menjadi malapetaka bila tidak ditanggulangi dengan siklat gigi dan flossing, membersihkan sela gigi dengan serat sutra atau benang.


“Minimnya pembersihan gigi secara teratur dapat mengakibatkan pendarahan gusi, mempermudah bakteri melarikan diri ke dalam aliran darah,dan memberikan kesempatan pada bakteri untuk membekukan pasokan darah menuju jantung,” katanya.


Perlu diketahui jenis bakteri yang berdiam di mulut dan gigi adalah bakteri streptokokus. Karena itu, tim riset mencari cara untuk menekan aktivitas Streptokokus dengan merujuk pada model aliran darah yang dikembangkan oleh Royal College of Surgeon, Irlandia. “Temuan riset pada akhirnya mengarah pada pengobatan baru untuk penyakit jantung,” ujarnya.


Hindari malas dan selalu sempatkan menyikat gigi. Bukankah sejak dulu Rasul juga mewajibkan umatnya bersiwak?

Artikel Terkait Fakta

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf