Tips Agar Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Terungkaplagi 8.9.10


Kumpulan Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik, pada posting sebelumnya saya membahas tentang Kumpulan Tips Mudik Aman Dan Nyaman dan Tips Agar Fit Selama Perjalanan Mudik kali ini saya membahas tentang Kumpulan Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik.

Saat hendak mudik memperhatikan keamanan rumah yang akan ditinggal selama beberapa waktu lamanya adalah hal yang sangat penting dilakukan. Mengingat kasus perampokan dan pembobolan rumah terus meningkat, itu berarti Anda harus ekstra berhati-hati saat memutuskan untuk meninggalkan rumah demi mudik ke kampung halaman.

http://www.bangun-rumah.com/images/project/Rumah_Condet_1B.jpg

Usahakan rumah tidak dalam keadaan kosong. Anda bisa menitipkan rumah pada saudara atau orang kepercayaan. Tapi jika memang terpaksa harus meninggalkan rumah tanpa penghuni, berikut Kumpulan Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik :

1. Menitipkan rumah
Jika rumah harus ditinggal lama tanpa penghuni, titipkan rumah pada satpam atau petugas hansip setempat yang biasa menjaga lingkungan di komplek rumah. Percayakan rumah untuk dijaga orang yang sudah Anda kenal betul (misal, tetangga sebelah rumah) dan bisa dipercaya. Untuk bantuannya menjaga rumah, berikan juga uang jasa/tip.

2. Mengunci rumah
Hal penting sebelum meninggalkan rumah adalah mengunci rumah. Pastikan rumah terkunci dengan baik. Jangan lupa juga mengunci segala akses memasuki pekarangan rumah, baik pintu samping atau pintu belakang rumah.

3. Memutuskan aliran listrik
Artinya bukan mematikan listrik sambungan dari PLN, tetapi mencabut semua kabel yang terpasang di stop kontak. Ini untuk menghindari terjadinya korsleting dari peralatan elektronik yang bisa berakibat fatal seperti kebakaran.

4. Menaruh sandal di luar
Ini adalah trik lama untuk mengelabui pencuri yang hendak masuk. Trik ini cukup efektif yang mengisyaratkan orang-orang di sekitar bahwa rumah tidak dalam keadaan kosong atau berpenghuni.

5. Matikan kompor
Kompor sebagai salah satu sumber api di dalam rumah juga harus diperhatikan. Pastikan kompor dalam keadaan mati dan jauh dari sumber api, seperti korek api. Jika memiliki kompor gas, cabut regulator gas dari tabungnya, dan pastikan tombol kompor gas dalam keadaan aman (posisi off).

6. Menyalakan sensor lampu
Usahakan agar lampu depan rumah (lampu taman) tetap menyala. Hal ini untuk mengelabui orang-orang yang berniat mencuri atau merampok. Agar maling tidak curiga melihat lampu tama di siang hari masih menyala, hal ini bisa diakali dengan memasang sensor otomatis yang sanggup membaca intensitas cahaya sekitar, jadi saat suasana gelap (malam), lampu akan otomatis menyala, dan akan mati jika suasana berubah terang (pagi).

7. Menunda langganan koran/majalah
Saat hendak mudik, sampaikan kepada agen majalah atau koran untuk menunda mengirim koran/majalah. Hal ini untuk mencegah koran/majalah yang menumpuk di depan rumah dan membuat curiga orang yang berniat jahat karena tahu rumah tidak berpenghuni.

8. Menitipkan barang berharga
Rumah pasti menyimpan barang berharga, seperti emas atau surat-surat penting. Agar aman, sebaiknya titipkan barang-barang tersebut ke layanan deposit box di bank. Hal ini untuk meminimalisir resiko kehilangan jika kecurian.

9. Pantau rumah
Meski ditinggal untuk waktu yang lama, mintalah tolong saudara atau orang dekat yang lebetulan tidak mudik untuk memantau rumah. Memantau bisa dilakukan dengan mengecek keadaan rumah, karena apabila terjadi sesuatu bisa langsung memberitahukan pemilik rumah.

Saya rasa cukup sekian Kumpulan Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik, semoga bermanfaat. Mungkin ada yang ingin menambahkan?

Artikel Terkait Tips

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf