Masjid Agung Djenné - Gedung Bata Lumpur Terbesar di Dunia

Terungkaplagi 15.4.11

Masjid Agung Djenné adalah bangunan batu bata lumpur terbesar di dunia. Masjid ini terletak di kota Djenné di Mali di dataran banjir Sungai Bani. Ini adalah salah satu landmark yang paling terkenal di Afrika. Seiring dengan 'Kota Lama Djenné' itu dijuluki sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1988.

Tanggal pembangunan masjid pertama di Djenné tidak diketahui, tetapi tanggal pada awal 1200 dan hingga akhir 1330 telah diusulkan.

Dinding Masjid Agung terbuat dari bata lumpur terbakar matahari yang disebut
'ferey' , sebuah mortir berbasis lumpur, dan dilapisi dengan plester lumpur yang memberikan bangunan halus, seperti terpahat. Ukuran dindingnya adalah antara 16 dan 24 dalam (0,4-0,6 m) tebal. Ketebalan bervariasi tergantung pada tinggi tembok: bagian lebih tinggi dibangun lebih tebal karena dasar harus cukup lebar untuk mendukung berat. Sekumpulan kayu deleb sawit termasuk di dalam gedung untuk mengurangi retak yang disebabkan oleh perubahan kelembaban dan suhu yang drastis.






















































































www.PHOTOVIDEOSHOOTINGMURAH.com

Artikel Terkait Berita ,Menakjubkan

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf