Belanda Larang Warga Kunyah Khat 'daun perangsang'

Terungkaplagi 11.1.12
Pemerintah Belanda melarang penggunaan khat, dedaunan asli Afrika Timur yang biasanya dikonsumsi karena mengandung zat-zat perangsang alami.

Belanda larang 'daun perangsang' http://www.terungkap.net/ 

Selama berabad-abad khat dikunyah di negara-negara penghasil khat antara lain Somalia, Kenya, Ethiopia, dan Yaman. Kebiasaan tersebut terbawa oleh kaum pendatang dari negara-negara Tanduk Afrika di Belanda.

Departemen Imigrasi, Departemen Kesehatan, dan Departemen Kehakiman Belanda dalam pernyataan bersama menyatakan khat dilarang.

"Bila dikonsumsi secara tidak berlebihan, tidak ada masalah besar tetapi berdasarkan penelitian khat menimbulkan masalah pada sekitar 10% pengguna," demikian bunyi pernyataan bersama.

Hal tersebut, kata pemerintah, menimbulkan masalah kesehatan mental dan sosial.

"Persoalan ini khususnya timbul di kalangan komunitas Somalia yang lebih besar dibandingkan komunias Kenya atau Yaman di negara kami," kata juru bicara Departemen Imigrasi Frank Wassenaar seperti dikutip kantor berita AFP.

Konsumsi khat secara berlebihan bisa menimbulkan penyakit kejiwaan atau memicu schizophrenia.
'Mengancam'

Dia menambahkan jumlah komunitas Somalia di Belanda mencapai 27.000 orang.

Laporan hasil penyelidikan independen menyebutkan konsumsi khat menyebabkan berbagai dampak buruk, antara lain keramaian, sampah dan kehadiran sekelompok pria yang "berkeliaran di jalan-jalan yang menimbulkan kesan mengancam".

Wartawan BBC di Belanda Anna Holligan melaporkan Belanda biasanya menempuh pendekatan liberal terhadap penggunaan narkoba ringan namun kali ini pemerintah Belanda mengeluarkan larangan atas penggunaan daun khat yang ketika dikunyah mengeluarkan cairan dengan fungsi sebagai perangsang alami.

Pada saat ini, kata Holiggan, khat dibawa masuk ke Belanda melalui jalur resmi lewat Bandara Schiphol empat kali seminggu.

Impor khat tahun lalu mencapai US$18 juta.

Tidak semua khat yang dimpor ke Belanda dikonsumsi di Belanda sendiri, jelas Holligan, karena sebagian juga diteruskan ke negara-negara lain di Eropa.

Artikel Terkait Budaya ,Kuliner

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf