Satelit Gagal Phobos-Grunt akan Jatuh Minggu Depan

Terungkaplagi 9.1.12
Wahana antariksa Phobos-Grunt yang diluncurkan Rusia 8 November 2011 lalu untuk menuju Mars gagal melakukan misinya. Wahana itu macet di orbit, tidak berhasil dikontak dan akhirnya akan jatuh ke Bumi dalam rentang waktu 9 - 20 Januari 2012.

Satelit Gagal Phobos-Grunt akan Jatuh Minggu Depan

Bagaimana kabar wahana itu sekarang? Bagaimana rupa serta pergerakannya jika dilihat dari Bumi?

Astronom amatir asal Perancis, Thierry Legault, berhasil merekam pergerakan Phobos-Grunt dari observatorium di dataran tinggi Calern di dekat kota Nice, French Rivera. 

Video ini sedikit banyak menjelaskan sebab jatuhnya Phobos-Grunt. Wahana tersebut diduga tak bekerja karena kehabisan daya. Panel surya yang seharusnya menghasilkan daya justru membelakangi Matahari akibat wahana yang terguling. 

Prediksi paling kuat menyatakan bahwa Phobos-Grunt akan jatuh sekitar tanggal 14-15 Januari 2012. Ada potensi wahana tersebut jatuh di wilayah Indonesia sebab dalam rentang 9-20 Januari 2012, wahana itu melintasi tanah air.

Kemungkinan jatuh di daratan kecil. Namun, jika memang jatuh di daratan, terutama di wilayah padat penduduk, masyarakat diminta waspada, tidak mendekati puing wahana apalagi menyentuhnya. Masyarakat diminta melapor ke Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).


Artikel Terkait Berita

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf