Waduh.. Renovasi Toilet DPR Habiskan Rp 2 Miliar

Terungkaplagi 5.1.12
Kondisi toilet di Gedung DPR, sebenarnya tak semuanya dalam keadaan rusak. Lalu kenapa harus menganggarkan dana sebesar Rp 2 miliar untuk mengganti semua toilet yang ada?

Waduh.. Renovasi Toilet DPR Habiskan Rp 2 Miliar www.terungkap.net

Menurut Anggota BURT DPR, Arwani Thomafi, renovasi toilet tak perlu sampai menghabiskan anggaran sampai Rp 2 miliar. Anggaran bisa dihemat dengan memilih mana toilet yang masih bisa digunakan dan yang tidak.

"Ya seperlunya saja. Di-renovasi yang rusak saja. Disesuaikan apakah rusak berat, sedang atau ringan, supaya lebih hemat," tutur Arwani kepada detikcom, Kamis (5/1/2011).

Menurutnya pelaksaan proyek toilet DPR juga wajib disesuaikan dengan standar biaya umum. Pelaksanaan proyek juga harus transparan.

"Semua harus disesuaikan dengan standar biaya umum yang berlaku di proyek instansi pemerintahan," tutur Arwani.

Sekretaris FPPP DPR ini juga mewanti-wanti Setjen DPR tidak main-main. Terutama dalam meminimalisir anggaran perbaikan toilet anggota DPR.

"Hanya yang betul-betul rusak saja yang mendesak untuk diperbaiki. Setjen harus bisa menjelaskan secara transparan item-item mana yang harus dikerjakan," paparnya

Biaya renovasi toilet DPR yang dianggarkan Rp 2 miliar dipandang terlalu mahal. Wakil Ketua MPR Hajrianto Y Tohari meminta DPR membatalkan rencana tersebut.

"Sudahlah... dalam suasana seperti sekarang ini DPR tidak usah membangun apapun. Bahkan tidak perlu merenovasi apapun. Mau rusak itu bangunan, mau mampet itu toilet yang ada, tidak apa-apa," tutur Hajrianto.

Berdasarkan pantauan detikcom di Gedung Nusatara I DPR, toilet yang ada masih cukup bagus dan masih layak digunakan. Masalahnya lebih kebersihan dan pipa aliran air yang perlu diperbaiki.

Renovasi toilet akan dilakukan besar-besaran di gedung Nusantara I DPR, tempat anggota DPR bekerja. Rencananya sekitar 220 toilet akan diganti dengan yang baru, sesuai tingkat kerusakannya.

Toilet lama akan dilelang. Ada yang berminat?

Artikel Terkait Berita

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

1 comment:

  1. Para pejabat sekarang gak ada yang punya malu dan mungkin sudah kehilangan kemaluan. mikir dong pakai otak apa yang udah kalian kasih ke rakyat indonesia ini. jangan hanya servis kalian aja yang memuaskan.

    ReplyDelete

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf