Memilih Nutrisi untuk Rambut

Terungkaplagi 15.3.12
Rambut indah sangat mempesona, dipandang juga tak jemu-jemunya. Rambut indah tergantung pada kulit kepala yang sehat. Untuk itu,pemenuhan nutrisi seperti vitamin dan zinc sangat diperlukan untuk rambut, terutama rambut wanita berjilbab yang rentan akan problema kerontokan dan kusam.


Tidak hanya tubuh saja yang perlu diberi asupan nutrisi, rambut pun juga sangat membutuhkannya. Bagia seorang wanita, sangat mendambakan rambut yang bersih dan sehat, banyak yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota bagi manusia.
Tak terkecuali juga pada wnaita muslim yang ebrjilbab yang mengenakan jilbab dalam kesehariannya. Tak ada salahnya kan untuk tetap menjaga kesehatan rambut.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar nutrisinya juga bisa terserap baik oleh rambut. Namun, bagi yang memiliki kesibukan tinggi sehingga tidak mempunyai waktu longgar untuk memperhatikan asupan makanan, sebaiknya mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat yang bermanfaat bagi rambut.


Ada beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut diantaranya adalah vitamin dan mineral.

Vitamin A.
Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala karena pada dasarnya vitamin ini sangat baik untuk kesehatan kulit termasuk kulit kepala. Vitamin A banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran seperti wortel.

Vitamin B dan C.
Sedangkan B dan C keduanya sangat penting dalam proses sirkulasi darah agar dapat berjalan dengan lancar sehingga rambut menjadi kuat dan tidak tampak patah-patah, bercabang, serta warna rambut pun tidak kusam.

Untuk vitamin C sendiri berfungsi sebagai zat anti oksidan yang memiliki kemampuan untuk meremajakan dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Zat B dan C bisa didapatkan dari buah-buiahan seperti jeruk, lemon dan stroberi.

Vitamin E.
Mengandung zat antioksidan, karena itu vitamin ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan kulit sehat dan memperbaiki jaringan. Juga berfungsi untuk menghasilkan jaringan kulit yang kondusif untuk pertumbuhan rambut.


Selain vitamin sebagai nutrisi rambut, rambut juga memerlukan nutrisi yang didapatkan dari mineral.

Zat Besi.
Makanan yang kaya akan zat besi bila masuk ke dalam tubuh sangat memperngaruhi serta menghasilkan kesehatan tubuh dan rambut yang sehat. Zat besi diperlukan untuk mengangkut oksigen yang cukup ke rambut, tanpa cukup zat besi, rambut dan kantung-kantung rambut terpaksa kekurangn oksigen.

Makanan yang kaya akan zat besi bisa didapatkan dari:
  • Daging Sayur berdaun Gelap.
  • Tumbuhan polong-polongan.

ZINC.
Rambut juga membutuhkan nutrisi dari jenis mineral lainnya yaitu zinc atau seng.
Berfungsi untuk mencegah rambut rontok dan membangun protein rambut yang terdapat dalam makanan seperti daging dan seafood yang mengandung kadar zinc yang sangat tinggi.

Tembaga.
Nutrisi tembaga juga dibutuhkan dalam pigemntasi rambut sehingga rambut akan berwarna alami. Makanan yang kaya akan tembaga dapat diperoleh dari:
  • Kerang-kerangan.
  • Hati.
  • Sayuran segar.
  • Kacang-kacangan.
  • Daging.

Perawatan Luar.
Untuk mendapatkan hasil yan maksimal pada rambut, maka disarankan agar diimbangi dengan perawatan luar seperti rutin keramas tiap dua hari sekali.
Langkah ini juga sebagai keseimbangan dari nutrisi yang sudah kita konsumsi.

Meskipun nutrisi yang ada cukup, namun bila tidak dilakukan perawatan pada rmabut, maka hasilnya akan sama saja, rambut tetap tidak sehat.

Artikel Terkait Kesehatan

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf