Penemuan Spesies Baru di Papua [Fauna Surga]

Terungkaplagi 23.3.12
Para ilmuwan mengklaim bahwa mereka telah menemukan 'dunia yang hilang' dimana beberapa spesies hewan yang belum ditemukan terdapat di sana termasuk diantaranya adalah katak dan tikus raksasa dengan ukuran tubuh sebesar kucing. Ekspedisi yang dilakukan oleh BBC menjelajahi kawah raksasa sebuah gunung berapi yang terletak di dataran tinggi Papua untuk membuat film dokumenter Lost Land of the Volcano.



Didampingi oleh ahli biologi pertama yang pernah menginjakkan kaki di kawah, tim peneliti itu memfilmkan labah-labah aneh, ulat raksasa dan kanguru yang hidup di pohon. Sementara itu tikus yang berada di pulau itu panjangnya mencapai 81cm dari hidung ke ekor dan beratnya mencapai 1,3kg.


Kawah Gunung Bosawi dengan kedalaman beberapa meter hampir-hampir tak pernah tersentuh oleh tangan manusia semenjak meletus 200,000 tahun silam. Tim peneliti yang termasuk diantaranya berasal dari London Zoo dan Oxford University diperkirakan adalah orang-orang pertama yang memasuki kawah tersebut.




Pemimpin ekspedisi, Dr George McGavin mengatakan, "Ini luar biasa mengejutkan. Sudah waktunya kita menurunkan tangan dan memutuskan habitat ini layak diselamatkan." Di kawah tersebut mereka menemukan 40 spesies baru diantaranya 16 spesies katak, satu spesies tokek, 3 spesies ikan, 20 spesies serangga dan labah-labah dan satu spesies kelelawar.


Tidak ada ketakutan: Si tikus tidak takut manusia yang dapat membuatnya rentan. Dalam kilometer kawah Gunung Bosavi, mereka menemukan habitat yang penuh dengan kehidupan yang telah berkembang dalam isolasi sejak gunung berapi terakhir meletus 200.000 tahun yang lalu.



Spesies baru katak ditemukan di dekat kemah induk. Bosavi Woolly yang ditemukan oleh tim dari BBC unit sejarah alam ketika mereka mencari-cari satwa liar baru. Selama perjalanan ke sedikit bagian dari hutan hujan, tim juga ditemukan sekitar 40 spesies baru lainnya, yang berada pada berbagai tahapan verifikasi.


Spesies baru: merpati buah yang indah ditemukan selama ekspedisi BBC



Menakjubkan : Raja burung cendrawasih kerdil menghadapi penggemar burung beo, ditemukan oleh ahli burung Jack Dumbacher


Hal ini termasuk marsupial yg disebut Silky Bosavi kuskus yang tersamar gecko, katak bertaring dan ikan yang disebut Henamo Grunter yang membuat suara mendengus dari berenang kandung kemih.




Artikel Terkait Fauna ,Unik

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

1 comment:

  1. Terimakasih atas infonya .. Selamat buat para penelitinya.. Semoga tanah hijau itu tidak dirusak oleh tangan tangan yang tidak menghargai alam.. Dan teruskanlah perjuangan kalian karna saya pastinya akan dengan senang menunggu info terbarunya..

    ReplyDelete

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf