Wow! Diam-Diam Rusia Punya Tambang Berlian untuk Pasokan 3.000 Tahun

Terungkaplagi 19.3.13
Diam-diam Rusia ternyata memiliki sumber tambang berlian terbesar yang pernah ada di dunia. Tak tanggung-tanggung, tambang ini diperkirakan bisa memasok pasar berlian dunia untuk 3.000 tahun ke depan.

Para ilmuwan memperkirakan ada 'triliunan karat' terpendam di bawah kawah asteroid selama 35 tahun di Siberia. Tambang yang disebut Kawah Popigai ini memiliki lebih dari 10 lipat persediaan berlian global.

Wow! Diam-Diam Rusia Punya Tambang Berlian untuk Pasokan 3.000 Tahun

Pihak Kremlin telah mengetahui tentang cadangan di bawah bumi seluas 62 mil tersebut sejak tahun 1970-an. Namun pemerintah Rusia tetap merahasiakannya hingga kini untuk bisa menuai keuntungan besar jika pasar sudah dalam kondisi yang sangat terkontrol.

Hal ini terungkap saat Pemerintah Rusia memberi kesempatan pada ilmuwan dari Novosibirsk Institute of Geology and Mineralogy untuk membuka akses ke ladang berlian tersebut.

Kawah berlian tersebut diketahui terbentuk dari tabrakan panas bahan meteorit dengan deposit berlian yang telah ada, menjadikannya berlian yang sangat unik.

Berlian ini diketahui dua kali lipat lebih keras dari berlian biasa. Ini membuatnya sangat ideal untuk kepentingan estetika, industri dan ilmu pengetahuan.

Produksi berlian Rusia sempat booming pada 2007, dengan produksi mencapai US$ 1,35 miliar. Mayoritas diekspor ke Israel, Belgia, Asia Tenggara, dan Amerika Serikat.

Namun produksi berliannya sempat anjlok pada 2009, ketika produksi berlian hanya mencapai US$ 350 juta selama krisis ekonomi.

Pemerintah Rusia kemudian berubah pikiran karena melihat tanda-tanda perbaikan ekonomi global. Itu alasan mengapa Rusia akhirnya menguak rahasia terdalamnya.

Artikel Terkait Fakta ,Menakjubkan

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf