Misteri Candi Pangonan di Dataran Tinggi Dieng

Terungkaplagi 29.9.13
Sebuah candi baru ditemukan di Bukit Pangonan di dataran tinggi Dieng. Candi yang diberi nama Candi Pangonan itu berada di ketinggian 2.400 meter. Cukup menarik pertanyaan, bagaimana pembangunan candi itu.

"Itu balok-baloknya kalau dibawa dua orang juga berat," kata petugas UPT Pariwisata Dieng, Saroji saat berbincang, Jumat (27/9/2013).

Keberadaan batu-batu itu di atas perbukitan memang mengundang tanya. Bagaimana balok-balok batu itu dibawa ke atas. Menurut Saroji, untuk mendaki ke atas bukit itu diperlukan waktu 1 jam, itu pun bagi mereka yang terbiasa naik.

Candi itu diperkirakan dibangun di abad ke-7, sama seperti candi lainnya di sekitar kawasan Dieng. Candi itu diperkirakan peninggalan kerajaan Singosari.



"Candi ini lebih kecil dari candi-candi yang lainnya, tingginya sekitar 3 meter," timpal Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara, Aziz Ahmad.

Aziz menuturkan, candi ini diduga untuk tempat pemujaan. Namun belum diketahui, mengapa berada di tempat yang tinggi. Candi ini tengah dieskavasi tim balai purbakala.

"Kita tunggu saja hasilnya soal candi ini," tuturnya.

Candi ini ditemukan pada Minggu (22/9) oleh Saroji. Saat itu dia mencari sunrise di dataran tinggi Dieng. Setelah habis melihat sunrise dia melihat bangunan candi di perbukitan itu.

Artikel Terkait Budaya ,Legenda

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf