Penemuan Nisan Beraksara Cina Kuno di Tangerang

Terungkaplagi 17.9.13
Terungkaplagi - Penemuan nisan ukuran besar beraksara Cina kuno hebohkan masyarakat Tangerang. Nisan tersebut ditemukan pertengahan pekan lalu di tanah kosong yang terletak di Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Penemuan Nisan Beraksara Cina Kuno di Tangerang

Seorang warga bernama, Muchlis, 32 tahun mengungkapkan penemuan ini terjadi saat sebuah perusahaan pengembang sedang melakukan penggalian tanah. Penggalian sempat dihentikan sesaat karena alat berat mereka membentur benda keras yang ternyata sebuah batu nisan besar.

Penemuan ini menghebohkan warga sekitar. Tidak ada yang mengetahui kepemilikan nisan kuno tersebut. Muchlis yang merupakan warga asli di daerah tersebut menuturkan daerah ini sejak abad 16 dihuni oleh warga keturunan Arab.

“Dari cerita para orang tua kami, daerah ini sejak beberapa abad lalu merupakan pemukiman masyarakat keturunan Arab. Sementara pemukiman warga asal Tiongkok agak jauh dari sini. Sehingga kami cukup heran dengan penemuan nisan beraksara Cina ini,” kata Muchlis kepada Neomisteri.

“Kami sempat meminta pemilik klenteng di sekitar daerah ini untuk menterjemahkan tulisan yang ada di nisan ini. Tapi mereka mengaku kesulitan. Karena ini aksara Cina kuno,” cerita Muchlis. Saat ini, nisan kuno tersebut disimpan di salah satu rumah warga.

Penemuan Tusuk Konde, Tengkorak dan Koin Kuno
Sebelumnya, beberapa waktu lalu di sekitar wilayah ini juga ditemukan tulang-belulang, tusuk konde dan koin yang bertuliskan tahun 1727 saat dilakukan penggalian. Disinyalir itu merupakan bekas makam tua warga Cina tempo dulu.

Artikel Terkait Budaya ,Legenda

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf