Fenomena Alam Unik di Sungai Purworejo

Terungkaplagi 12.10.13

Purworejo memang daerah yang kaya akan berbagai hal yang menarik, satu diantaranya adalah fenomena lapisan tanah di dusun Kedungrejo kelurahan Pangenrejo kecamatan/Kabupaten Purworejo.

Di tempat tersebut, dinding sungai nampak seperti kue lapis, bersekat-sekat karena proses alam yang diperkirakan terjadi ribuan tahun yang lalu. Karena itulah, selain menarik untuk diteliti secara ilmiah, tempat ini juga menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Ketika Tribunjogja.com datang ke lokasi pada Jumat (11/10/2013), pemandangan tak biasa di dasar dan tepi sungai Bogowonto langsung terlihat. Batuan putih terlihat berlapis-lapis.

Di beberapa tempat terdapat cekungan berongga. Di tempat dimana air sungai mengalir, batuan terlihat tergerus aliran air dan memerlihatkan lapisan tanah dan batuan penyusunnya.

"Secara khusus tempat tersebut belum banyak diteliti. Namun demikian, fenomena tersebut sesungguhnya menyimpan banyak potensi kajian ilmiah yang bisa diteliti," jelas Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Drs Eko Riyanto ketika dihubungi, Jumat siang.

Eko mengungkapkan, selain menarik sebagai bahan penelitian ilmiah, keunikan ukiran batuan dan lapisan juga menarik sebagai oyek wisata. Karena itulah, Eko berharap selain peneliti, para wisawatan yang mengunjungi Purworejo juga bisa menikmati keunikan fenomena batuan di tempat tersebut.

Artikel Terkait Fenomena

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf