Misteri Bunker di Balai Kota Solo Mulai Terkuak

Terungkaplagi 13.11.13
Beberapa hari lalu, tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah mengaku belum bisa menganalisa sebuah bunker tua yang ditemukan di komplek Balai Kota, Solo, Jawa Tengah. Hari ini, misterinya mulai sedikit terkuak.

Proses penggalian bunker kembali diteruskan setelah satu tahun terhenti. Dari penelusuranOkezone, terdapat sekat di dalam bangunan bunker. Begitu menuruni anak tangga bunker, terlihat ruangan berbentuk huruf "Y". Menurut dugaan, sekat tembok tersebut meskipun saling menghubungkan, dahulunya saat masih berfungsi merupakan jalan keluar-masuk dari arah yang berbeda.


Baru satu lajur bunker yang bisa dilalui sedangkan jalur lainnya masih terhalang gundukan tanah. Selain masih didominasi tanah berlumpur, di dalam bunker masih terdapat genangan air setinggi mata kaki orang dewasa yang belum seluruhnya berhasil disedot sehingga perlu ekstra hati-hati saat berada di dalam bangkernya. Bila tidak hati-hati, bisa saja terpeleset karena jalan di dalam bunker masih licin.

Misteri lainnya yang masih belum terungkap yaitu adanya satu lorong yang belum berhasil digali seluruhnya. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, besar kemungkinan lorong di dalam bunker merupakan jalan penghubung menuju Benteng Vastenburg serta lorong menuju sebuah kawasan dekat Pura Mangkunegaran yang saat ini sudah berdiri sebuah hotel di atas bunker lainnya.

"Mungkin bunker ini merupakan jalan penghubung dari lokasi Balai Kota yang dulunya residen menuju Benteng Vastenburg serta ke dekat Pura Mangkunegaran yang sekarang berdiri Hotel Kusuma Sahid," papar Rudy kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Senin (11/11/2013).

Sementara itu, Kepala Bidang Pelestarian Cagar Budaya DTRK Solo, Mufti Raharjo, mengaku belum mau terburu-buru menyimpulkan bunker tersebut karena saat ini masih dilakukan penggalian dan kajian mendalam tentang fungsinya dahulu. Namun secara fisik, bunker ini sengaja dibangun untuk perlindungan manusia.

"Secara umum, bunker ini dibangun sepertinya untuk perlindungan terakhir atau untuk penyelamatan evakuasi. Analasia ini bisa dilihat dari struktur bangunan yang cukup kuat sehingga kemungkinan bunker ini dibangun untuk penyelamatan warga Belanda dari gempuran para pejuang," papar Mufti kepada Okezone, di Solo,Jawa Tengah.

Menurut Mufti, agar analisa bunker cepat terungkap, rencananya dari pihak TNI akan terjun langsung untuk menganalisa kegunaan bangunan tersebut.

Artikel Terkait Rahasia

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf