Misteri Indahnya Masjid Jin di Malang

Terungkaplagi 21.11.13
Bangunan yang megah itu dikenal dengan nama Masjid Jin atau Masjid Tiban. Nama itu diberikan oleh warga lokal karena konon masjid itu ada secara tiba-tiba tanpa diketahui bagaimana awal mula dan kisah pembangunannya.



Selaras dengan nama yang cukup unik dan mengundang penasaran itu, ternyata bangunan yang berada di Malang ini memang mengundang rasa penasaran terkait dengan sosok bangunan dan pembangunannya.

Benarkah bangunan itu ada secara tiba-tiba karena dibangun oleh Jin?



Sebelum menjawab rasa penasaran itu, saya ajak Anda untuk menyusuri dan menikmati bangunan megah itu.Ada banyak keunikan dan keindahan pada bangunan ini yang menjadikan wisatawan berdatangan setiap hari untuk melihat dan menikmati pesona keindahannya.



Apalagi gedung pondok pesantren itu sangat besar, luas dan megah karena terdiri dari11 lantai.



Masjid Ajaib itu ada di daerah Turen , Kabupaten Malang - Jawa Timur. Nama bangunan itu selengkapnya adalah Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah). Nama yang cukup panjang itu mempunyai makna Laut Madu atau ” Fadilah Rohmat “. Artikel selengkapnya tentang keindahan Bangunan itu bisa Anda baca dengan Langsung Klik Link berikut ini : Masjid Yang Indah , Unik dan Artistik Di Malang



Setelah menyusuri bangunan Pondok Pesantren dengan menaiki dan menuruni tangganya mengingat begitu banyaknya tangga di sana, akhirnya saya sampai pada salah satu lantai. Seingat saya kalau tidak salah antara lantai 8-9.



Pada lantai itu terdapat pajangan foto-foto dokumentasi pembangunan pondok pesantren ini sejak tahun 1991. Ada juga pajangan yang berisi penjelasan tentang Dasar Pembangunan yang berdasarkan pada fungsi rohani, Prinsip Pembangunan yaitu Cepat, tepat, Hemat, Kuat dan Indah ; dan Prinsip Pendanaan yaitu Tidak Minta-minta, Tidak Tamak dan Tidak Hutang.



Munkin dengan berpegangan pada prinsip itulah yang menjadikan pengunjung kawasan ini tidak dipungut tiket masuk sepeser pun. Untuk dana dan pengelolaan pondok diperoleh dari unit usaha pertokoan yang ada di bagian atas gedung ini.



Pembangunan itu juga tidak ada Deadline khusus tentang kapan harus dilanjutkan dan kapan harus selesainya. Dala arti bila ada beberapa bahan material yang baru tersedia, bahan material itulah yang digunakan terlebih dulu untuk menyelesaikan bagian yang telah selesai sebelumnya.



Yang mengagumkan, selama proses pembangunannya itu dilakukan oleh beberapa tukang dan santri secara tradisional dan bertahap tanpa menggunakan bantuan peralatan berat seperti standard pembangunan gedung-gedung bertingkat.



Pembangunan itu sendiri tanpa perencanaan sebelumnya karena bentuk dan desain bangunan dengan segala ornamen yang ada didalamnya merupakan petunjuk dari Allah SWT yag diperoleh Pemimpin pondok pesantren melalui sholat istiqoroh.Pembangunan itu sendiri masih berlangsung sampai saat ini yang entah sampai kapan bisa dipastikan selesainy mengingat begitu besar dan luasnya bangunan ini.



Hal menarik lainnya yang perlu diketahui tentang bangunan ini adalah proses pembangunan yang dilakukan secara ramah lingkungan. Konon, ada salah satu bagian dari masjid tersebut yang sengaja dibuat dengan posisi menghindari sebuah pohon kelapa. Hal ini dimaksudkan agar pohon kelapa tersebut tetap hidup tanpa perlu menebangnya.



Saat menyusuri tangga-tangga itu, saya menjumpai beberapa tukang yang sedang bekerja. Tukang-tukang itu bekerja sangat rapi dan bersih tanpa meninggalkan jejak material dan bangunan yang berserakan.



Ternyata nama Masjid Jin atau Masjid Tiban itu hanyalah nama pemberian dari warga lokal saja untuk menambah daya tarik bangunan itu.
Karena kebenaran tentang keberadaan dan sejarah pembangunannya bisa terjelaskan melalui foto-foto dokumentasi yang ada disana.

Terlepas dari semua itu, yang jelas keberadaan bangunan ini memberi dampak positif bagi warga sekitar karena menjadi salah satu destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi bila sedang berkunjung dan berada di Malang.

Artikel Terkait Misteri ,Religi

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf