Makanan Rahasia Umur Panjang Nelson Mandela

Terungkaplagi 13.12.13
Nelson Mandela wafat pada tanggal 5 Desember lalu. Presiden Afrika Selatan ini berhasil membebaskan bangsanya dariapharteid. Dibalik itu semua, apa makanan yang menjadi rahasia Nelson Mandela berusia hingga berusia 95 tahun?

Seperti dilansir iFood (6/12/2013), semasa hidupnya, Nelson Mandela sering keluar masuk penjara ketika memperjuangkan kebebasan bangsanya dari apharteid. Tentunya, selama di penjara ia sering diberi makanan yang tidak bergizi. Ia bahkan sering sekali mengidam-idamkan makanan tradisional Afrika Selatan kesukaannya.

Makanan Rahasia Umur Panjang Nelson Mandela

Nelson Mandela dikenal sangat menyukai makanan tradisional yang bernamaumphokoqo, yaitu makanan yang terbuat dari campuran jagung dengan susu asam. Saking sukanya dengan umphokoqo, Mandela bahkan suka memakannya meskipun saat itu sedang tinggal di Dorchester, London.

Saat berada di dalam penjara, Nelson Mandela sering melakukan aksi mogok makan. Ia juga kadang-kadang mendapat selundupan makanan, seperti kari ayam dan kambing bakar ala Yunani. Kadang, ia juga mendapat sajian daging hati cincang di saat masa-masa sulit berada di dalam penjara.

Namun, ada satu jawaban yang menjadi misteri atas rahasia hidup panjangnya. Pada surat yang dikirim ke istri pertamanya, Winnie, di tahun 1970, Nelson Mandela mengungkapkan kerinduannya akan minuman tradisional bernama amasi.

Minuman ini merupakan fermentasi susu khas Afrika Selatan yang memiliki tekstur kental dan rasa masam, persis yogurt. Pada suratnya tersebut, tertulis juga kerinduan Nelson Mandela untuk menyantap hidangan yang sehat.

Bukan ini saja hubungan Nelson Mandela dengan dunia kuliner. Sebelumnya, keluarga Nelson Mandela juga telah meluncurkan produk wine yang diberi nama House of Mandela Wines. Uniknya, wine tersebut terbuat dari anggur khas Afrika Selatan yang menjadi favorit keluarga Mandela.

Artikel Terkait Kuliner ,Tokoh

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf