Misteri Hilangnya Kapal Selam Terpanjang Jepang di PD II Akhirnya Terungkap

Terungkaplagi 5.12.13
Kapal selam milik angkatan laut Jepang ditemukan pada bulan Agustus lalu di lepas pantai Hawaii setelah dilaporkan hilang sejak 1946 silam. Kapal selam I-400 era perang dunia II tersebut, kala itu diyakini hendak melakukan penyerangan di terusan Panama.

Tercatat, kapal selam ini merupakan kapal selam terpanjang yang pernah dibuat sebelum era kapal selam bertenaga nuklir. Bagaimana tidak, kapal ini memiliki panjang hingga 122 meter dan mampu mengelilingi dunia sebanyak 1,5 kali tanpa mengisi ulang bahan bakar.

Kapal selam generasi pendahulu seri I-401 yang ditemukan pada 2005 di Oahu tersebut, sudah dilengkapi dengan tiga unit sayap peluncur bom yang bisa diluncurkan sesaat setelah kapal selam muncul di permukaan.

Para ilmuwan mengatakan bahwa kapal tersebut ditemukan pada kedalaman 2.300 kaki di bawah permukaan laut. Menandai terkuaknya misteri yang telah hilang sejak 1946.

"Kami temukan ini ketika sedang mencari target yang lain, kami seolah melihat ikan hiu yang tengah beristirahat," ungkap Jim Delgado, peneliti yang ikut dalam wahana Pisces V yang melakukan penyelaman hingga menemukan reruntuhan kapal selam tersebut di dasar laut.

Adapun, Angkatan Laut Amerika Serikat setidaknya sudah menemukan lima kapal selam milik Jepang. Mereka lantas membawanya ke Pearl Harbor untuk diteliti.

Kala itu, Amerika menenggelamkan kapal selam tersebut dan mengklaim bahwa mereka tidak tahu mengenai lokasi persis kapal itu tenggelam. Langkah itu dilakukan AS supaya Uni Soviet tidak mencari dan mencuri teknologi kapal selam tersebut.

"Kapal selam ini sepertinya terkena torpedo, kemudian hancur sebagian dan akhirnya tenggelam," kata Delgado, arkeolog dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) yang juga ikut serta menyelam ke dasar laut.

Adapun, kapal selam raksasa lainnya telah ditemukan di perairan Oahu dan di laut Jepang. Kini masih ada satu lagi kapal selam yang masih hilang.

Penemuan I-400 ini diumumkan pada Senin (2/12/2013) setelah NOAA selesai melakukan inspeksi bersama dengan pemerintahan AS dan Pemerintahan Jepang.

 

Artikel Terkait Legenda

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf