Burung Robin Dapat Melihat Medan Magnet Bumi

Terungkaplagi 20.1.14
Ini info terbaru bagi pecinta burung tanah air, kalau baru saja didapat informasi jika burung robin dapat melihat medan magnet bumi. Robin burung yang tidak terlalu spesial dan bahkan hanya berpenampilan sederhana dengan suara kicauan yang lembut. Tetapi siapa yang menyangka jika dia dapat melihat dan merasakan medan magnet bumi walau hanya dengan satu matanya saja.

Burung Robin

Penelitian akan kemampuan burung ini memang sudah terjadi sejak tahun 1971. Merpati pos yang pertama diteliti tentang kemampuan burung tersebut dapat menavigasi arah keman dia pergi dengan tepat. Bahkan sejak dahulu kala merpati pos sudah digunakan untuk mengantarkan pesan dari jarak jauh. Tetapi bagi kebanyakan peneliti hal tersebut sederhana, mereka ingin mengetahui burung apa saja yang dapat merasakan dan melihat medan magnet bumi. Jadi, manusia akan mengetahui suatu wilayah yang akan terkena bencana alam dan dapat mengantisipasi sebelum bencana tersebut terjadi.

Kebiasaan akan hilangnya para binatang di hutan dan sekelompok burung yang biasanya berterbangan saat akan terjadinya bencana alam seperti gempa dan gunung meletus yang menjadi acuan peneliti tingkah laku hewan Rusia Wolfgang Wiltschko untuk menelitinya. Dan Wiltschko menemukan kejadian langka saat mencoba penelitian dengan medan magnet yang ditaruh disekeliling burung robin. Kemana arah burung tersebut untuk menghindari daya tarik magnet. Hasilnya sangat mengejutkan, jika burung robin berusaha terbang untuk menghindar secepatnya jika adanya aktifitas dari medan magnet.

Hasil penelitian dari Wolfgang wiltschko ini sempat diejek oleh ilmuan lain yang berpendapat kalau prilaku burung robin bukanlah suatu alasan menjadikannya alat untuk mendeteksi bencana. Tetapi, istri dan para rekan ilmuwan yang sepaham dengan wiltschko tetap melanjutkan penelitiannya sampai bertahun-tahun. Dan akhirnya, saat ini telah ditemukan bagaimana burung robin dapat merasakan efek dari medan magnet yaitu terdapat pada salah satu matanya sebelah kanan. Jika terdapat daya magnet mata sebelah kanan burung robin akan bergerak terus mensensor dimana daya magnet tersebut berada dan berusaha menghindarinya.

Artikel Terkait Fauna

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf