Danau di Chili Hilang Misterius Dalam Semalam

Terungkaplagi 23.1.14
Aysen - Perubahan iklim harus jadi keprihatinan para traveler. Bayangkan, sebuah danau di Chile yang menjadi objek wisata alam, bisa hilang dalam semalam. Semua itu gara-gara perubahan iklim.

Danau di Chili Hilang Misterius Dalam Semalam

Dikutip dari CN Traveler, Senin (6/1/2014), Aysen di Chile adalah kawasan Pegununan Patagonia yang diberkahi dengan banyak danau glasial atau danau beku. Salah satu danau besar yang menarik wisatawan adalah Danau Cachet II dengan luas 2 mil persegi.

Pada suatu pagi pada 31 Maret 2012 silam, warga dan wisatawan dibuat terkejut. Danaunya hilang! Matahari terbit tinggal menyinari lembah kering berpasir dengan beberapa kubangan dan bongkahan es. Air sedalam 30 meter hilang begitu saja.

Rupanya itu bukan kejadian pertama. Danau Cachet II sudah 10 kali mendadak hilang dalam 5 tahun terakhir. Menurut ilmuwan, perubahan iklim adalah penyebabnya. Setiap kali suhu naik, dua ratus juta liter air langsung merembes ke Sungai Baker berbentuk gelombang besar.

Warga setempat kini sudah memiliki semacam sistem tanggap bencana. Ada alarm saat 8 jam sebelum Danau Cachet II mencair, mereka mengungsi ketempat tinggi membawa hewan ternak agar selamat dari banjir gletser dan tsunami danau.

Kejadian yang menimpa Danau Cachet II menimbulkan keprihatinan PBB, karena merupakan tempat di dunia yang paling cepat kehilangan gletsernya akibat berubahnya iklim. Jangan-jangan, ini adalah kesempatan terakhir wisatawan untuk mencoba berenang di Danau Cachet II, karena di masa depan yang tersisa tinggal kubangan atau tanah kering saja. 

Artikel Terkait Fenomena

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf