Misteri Batu Mirip Donat yang Muncul di Permukaan Mars Terpecahkan

Terungkaplagi 17.2.14


Beberapa waktu lalu muncul misteri soal keberadaan batu mirip donat di permukaan Planet Mars. Bermacam spekulasi beredar mengenai batu tersebut, namun misteri telah berhasil dipecahkan oleh para ilmuwan.

Keberadaan batu yang kemudian diberi nama 'Pinnacle Island' tersebut dirasa aneh karena batu itu berwarna putih di bagian pinggir dengan lebar kurang dari 5 cm. Padahal diketahui sebagian besar permukaan Mars berwarna cokelat kemerah-merahan.

Foto batu tersebut diambil pada 8 Januari lalu oleh robot penjelajah Mars milik NASA, Opportunity. Dari sekian banyak foto yang dijepret kamera Opportunity, hanya satu foto yang menunjukkan batu aneh tersebut. Ada pihak yang menyebut bahwa batu itu tumbuh di lokasi tersebut dan harus diselidiki.

Setelah melakukan analisis dan penyelidikan, diperolehlah kesimpulan dari NASA. Penjelasan resmi terbaru dari NASA menyatakan bahwa salah satu roda Opportunity tidak sengaja menghancurkan batu tersebut dan kemudian menyenggolnya hingga terbawa ke jarak pandang kamera Opportunity.

Demikian seperti dilansir news.com.au dan Daily Mail, Sabtu (15/2/2014).

Menurut ilmuwan NASA, salah satu roda Opportunity melindas, menghancurkan dan menyenggol batu tersebut ketika dia bergerak. Kesimpulan ini diperoleh setelah NASA menganalisis foto-foto terkini mengenai batu tersebut, serta bekas jejak roda Opportunity.

"Ketika kami menggerakkan Opportunity dalam jarak dekat, setelah memeriksa Pinnacle Island, kami bisa melihat sebuah batu yang terbaik dengan wujud tidak biasa yang sama," ujar Wakil Penyelidik Opportunity, Ray Arvidson dari Washington University.

"Kami melaju di atasnya. Kami bisa melihat jejaknya. Dari situlah Pinnacle Island berasal," imbuhnya.

Kini, setelah selesai memerika batu misterius tersebut, tim NASA akan melajukan Opportunity ke bagian selatan dan dataran lebih tinggi untuk memeriksa lapisan bebatuan di lereng permukaan Mars.

Opportunity mendarat di Mars pada tahun 2004 lalu. Robot penjelajah ini tidak bergerak selama sebulan karena menunggu cuaca lebih baik di planet merah tersebut.

Artikel Terkait Fenomena

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf