Fakta Menarik Seputar Sabun

Terungkaplagi 19.3.14
Fakta Menarik Seputar Sabun

Sabun menjadi bagian penting dari kehidupan manusia, yang biasa dipakai untuk menjaga kebersihan tubuh. Anda tentu tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya hidup tanpa sabun, bukan? Nah, berikut adalah beberapa fakta tentang sabun yang patut untuk Anda ketahui. Mari kita simak bersama!

Fakta 1

Sabun biasanya dibuat dengan menggunakan lemak hewan atau nabati, atau minyak yang dicampur dengan formula basa seperti soda kaustik.

Fakta 2

Sabun pertama kali diproduksi oleh bangsa Babilonia sekitar 2800 SM. Menurut sejarahnya, sabun dulunya digunakan di industri tekstil dan obat. Ada tiga macam proses pembuatan sabun, antara lain: proses pemanasan, proses pendinginan dan proses pencairan.

Fakta 3

Proses pembuatan sabun dikenal dengan istilah saponifikasi. Dalam proses ini, minyak nabati dan lemak akan dicampur sebagai dasar pembuatan sabun. Campuran itu kemudian ditransfer ke dalam garam.

Fakta 4

Apa perbedaan antara sabun di pasaran dan sabun buatan sendiri? Sabun di pasaran menggunakan minyak hewan dan minyak keras lainnya dalam proses pembuatannya. Sabun buatan sendiri umumnya dibuat dari bahan-bahan alami, termasuk gliserin. Sabun buatan sendiri juga jauh lebih lembut saat diterapkan pada kulit, dibandingkan dengan sabun buatan pabrik.

Fakta 5

Sabun atau soap (dalam bahasa Inggris) berasal dari kata sapo, bahasa Latin untuk sabun, yang juga merupakan nama dari sebuah gunung fiktif di daerah Roma yang dikatakan berhubungan dengan sejarah sabun.

Fakta 6

Produksi sabun industri terjadi antara tahun 1450 sampai 1500-an di Prancis dan pada awal 1200-an produksi sabun mulai diminati di Timur Tengah.

Inilah fakta menarik tentang sabun yang biasa kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, terutama untuk membersihkan tubuh.

Artikel Terkait Fakta

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf