Fenomena Gerak Retrograde Jadikan Matahari Terbit Dari Barat

Terungkaplagi 18.4.14
Adakah penyebab yang menimbulkan fenomena Matahari Terbit dari Barat? Manusia sebagai Mahluk ciptaan Tuhan yang dibekali Akal untuk berfikir dan menggali ilmu sedalam - dalamnya mempunyai pendapat tentang fenomena matahari tersebut.



Gerak Retrograde kebalikan dari Prograde, gerakan yang melawan/berkebalikan arah dengan gerakan yang umum. Pada tata surya yang secara umum bergerak elawan jarum jam, maka jika ada benda yang bergerak searah jarum jam disebut bergerak retrograde. Di Bumi dikatakan bergerak retrograde jika gerakannya yaitu terlihat dari Barat dan bergerak ke arah Timur. Semua planet superior pada suatu saat akan terlihat dari Bumi mengalami gerak retrograde, tetapi hanya sementara, setelah itu kembali bergerak secara prograde.

Pergerakan Retrograde sebuah planet menyebabkan planet terlihat berubah arah haluan jika dilihat dari Bumi. Namun sebenarnya planet tersebut TIDAK berubah arah haluan.

Fenomena Retrograde Motion ini sebenarnya telah disadari sejak peradaban Yunan. Kata Planet berasal dari kata Yunani yang berarti wandering stars (bintang yang berputar-putar). Ini karena astronom dalam peradaban Yunani menemukan pada saat-saat tertentu planet akan terlihat berubah arah haluan.

Ketika manusia peradaban Yunani percaya bahwa bumi berada ditengah-tengah dan dikelilingi oleh objek-objek lain. Justru perubahan arah dalam gerakan planet adalah mustahil lantas Ptolemy memperkenalkan epicycle sebagai usaha untuk menjelaskan gerakan Retrograde planet-planet.



Ahli Astronomi Ibn Haytham kemudian menulis dan mengkritik teori Ptolemy di dalam bukunya al-Shukūk Alā Batlamyus (doubts concerning Ptolemy). Haytham mengklaim model geocentric (Bumi di tengah) Ptolemy yang mengunakan epicylce dan equant untuk menjelaskan gerakan planet tidak menepati hitungan matematika.

200 Tahun setelah Ibn Haytham menulis bukunya itu, At Tusi melanjutkan usaha dalam menghasilkan model yang lebih menepati hitungan matematika. At Tusi kemudian memperkenalkan Tusi couple dalam menjelaskan gerakan planet di angkasa (masih lagi geocentric). Namun model tersebut masih ada kelemahan.

Isu gerakan Retrograde bukan suatu fenomena yang baru diketahui. Bahkan telah menjadi diskusi dan perdebatan dikalangan ilmuwan silam. Apalagi ia pernah di sentuh oleh astronom Islam dan hasil kerja astronom Islam (geocentric model) akan segera pula di petik oleh Copernicus dalam bukunya De revolutionibus orbium Coeslestium yang mengenegahkan model heliocentric (Matahari ditengah).

NASA Membenarkan Matahari Terbit Dari Barat



Ilmu astronomi menyatakan bahwa kecepatan Planet Mars telah menurun dalam perjalanannya ke arah timur dalam beberapa minggu terakhir ke tingkat kita melihat “goyah” antara timur dan barat .. dan pada hari Rabu 30 Juli pergerakan planet akan berhenti menuju arah timur .. Kemudian pada bulan Agustus dan September … Mars mengubah arah di arah yang berlawanan ke Barat-dan bahwa sampai akhir September .. yang berarti matahari akan terbit dari barat sekarang di Mars! Dan ini fenomena aneh dari gerakan yang berlawanan disebut “Gerak Mundur” negara Kebanyakan ilmuwan bahwa semua planet akan mengalami hal yang sama sekali setidaknya dan planet Bumi kita adalah salah satunya. Planet Bumi akan bergerak ke arah yang berlawanan dan suatu hari matahari akan terbit dari barat!

Justru, adalah penting bagi kita masyarakat modern memahami sejarah perkembangan sains dan konsep dasar ilmu agar tidak mudah tertipu dengan cerita bohong yang disebarkan di internet. Informasi-informasi dan fakta benar mudah ditemukan di internet termasuk wikipedia.

Gerakan retrograde lebih mudah dipahami dengan animasi dan diagram. Video dibawah menjelaskan posisi planet pada orbit dan posisi planet jika dilihat dari bumi ketika melakukan gerakan retrograde. Harap perhatikan gerakan ini mengambil waktu berbulan untuk diperhatikan.

Perhatikan juga planet TIDAK berubah arah orbit tetapi ianya KELIHATAN melakukannya ketika bumi melewati planet tersebut (planet bagian luar yaitu Mars, Jupiter, Saturnus etc). Dalam kasus Mars itu terjadi lebih kurang 2 tahun sekali.


Yang benar hanya datang dari Tuhan, Manusia hanya mencari ilmu untuk mengetahui saja.

Artikel Terkait Fenomena ,Ilmiah

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf