Gunung-Gunung yang Memiliki Kekuatan Magis di Dunia

Terungkaplagi 28.4.14
Usut boleh usut, ternyata di segenap penjuru dunia ini terdapat beberapa gunung yang disucikan di berbagai tempat. Sebenarnya hal ini lebih dikarenakan oleh sejarah ataupun kepercayaan dari penduduk sekitar yang mempercayai bahwa di gunung tersebut merupakan tempat tinggal para dewa atau memiliki kekuatan magis tersendiri.

Sebut saja diantaranya Gunung fuji di Jepang, gunung Olimpus di Yunani, gunung Agung di Bali dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak tujuh gunung yang dianggap suci ataupun memiliki kekuatan magis di berbagai penjuru dunia seperti berikut ini.

1. Gunung Fuji di Jepang

By Alpsdake (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons

Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi di Jepang, terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Gunung Fuji terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Gunung dengan puncak yang diselimuti dengan es ini sangat disakralkan umat Budha dan Shinto. Selama bulan Juli dan Agustus merupakan musim pendakian gunung dan terdapat 200.000 orang yang bersemangat untuk mendaki gunung setinggi 3.776 meter ini. Gunung Fuji merupakan gunung yang masih aktif dan dipercaya menjadi istana dari Dewi Api dalam agama Shinto dan Danichi Nyorai, Dewa Matahari dalam agama Budha.

2. Gunung Olimpus di Yunani
Mount Olympus atau yang lazim kita ucap sebagai Gunung Olimpus merupakan gunung tertinggi di Yunani dengan ketinggian 2.919 meter. Gunung ini terletak sekitar 100 km dari Thessaloniki, kota kedua terbesar di Yunani. Gunung Olimpus terkenal akan kekayaan tanamannya. Selain itu, gunung ini merupakan tempat tinggal legendaris para dewa mitos Yunani dan singasana dari dewa Zeus. Tingginya mencapai 2919 meter. Di gunung ini tumbuh 1700 spesies flora yang berbeda.

3. Gunung Agung Bali di Indonesia
Gunung Agung merupakan gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem - Bali. Orang Bali percaya bahwa gunung berapi ini adalah pusat dari jagat raya yang berdiri kokoh di bagian timur Bali. Pura terbesar, Besakih berada di lereng Gunung Agung dengan ketinggian 915 meter. Selain itu, dari Pura Besakih gunung ini nampak dengan kerucut runcing sempurna, namun sebenarnya puncak gunung ini memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar. Gunung Agung adalah gunung berapi tipe stratovolcano, gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan sangat dalam yang kadang-kadang mengeluarkan asap dan uap air.

4. Gunung Kailash di China dan Tibet
Gunung Kailash adalah puncak di Kailas Range (Gangdisê Mountains), yang merupakan bagian dari Trans Himalaya di Tibet. Gunung ini terletak di dekat sumber dari beberapa sungai terpanjang di Asia: Sungai Indus, Sungai Sutlej (anak sungai utama Sungai Indus), Sungai Brahmaputra, dan Sungai Karnali (anak sungai dari Sungai Ganga). Ini dianggap sebagai tempat suci dalam empat agama: Bön, Budha, Hindu dan Jainisme. Lebih tepatnya, gunung ini terletak di dekat Danau Manasarovar dan Danau Rakshastal di Tibet. Ribuan penganut Budha, Hindu, Jain dan Bonpo melakukan perjalanan suci ke kota terpencil di kawasan Himalaya, Darchen setiap tahunnya untuk melakukan kora, suatu ritual mengelilingi Gunung Kailash. Menginjakkan kaki di gunung ini adalah tindakan yang melanggar kesucian, namun dengan melakukan kora dengan panjang perjalanan 51 kilometer ini dipercaya dapat menghapus dosa selama hidup mereka di dunia.

5. Gunung Salib Suci di Colorado
Legenda dari salib besar yang berada di gunung berbatu ini terbukti benar saat seorang fotografer William Henry Jackson kembali dari ekspedisi di tahun 1873 dengan foto puncak yang mengagumkan. Gunung yang memiliki tinggi 4.267 meter ini terletak bagian utara wilayah Sawatch. Nama Salib Suci sendiri berasal dari bagian salju yang membentuk salib yang terdapat di timur laut gunung ini dan menjadi sangat populer menjadi tempat ziarah umat Kristen.

6. Gunung Nebo di Yordania
Gunung Nebo merupakan sebuah tebing yang menjulang di wilayah Yordania sekarang, sekitar 817 meter (2.680 kaki) di atas permukaan laut, yang disebut dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen sebagai tempat di mana Musa diizinkan untuk memandang 'Tanah Perjanjian', yaitu Tanah Kanaan, sebelum ia meninggal tanpa sempat memasukinya. Pemandangan dari puncaknya memberikan panorama 'Tanah Suci' dan ke sebelah utara, sebagian lembah Sungai Yordan. Kota Yerikho di Tepi Barat sungai Yordan biasanya terlihat jelas dari puncak. Demikian pula Laut Mati, Bethlehem, Yerusalem, Sungai Yordania, Jericho dan Gunung Olive pada hari-hari yang cerah dapat dilihat dengan jelas dari gunung ini.

7. Gunung Everest di Nepal dan Cina
Gunung Everest merupakan puncak tertinggi di dunia. Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Orang Tibet menyebut Gunung Everest sebagai sumber dari jagat raya dan orang Nepal menyebutnya Sagarmatha atau Dewi langit bagi gunung ini. Gunung yang mencapai tinggi 8.848 meter ini merupakan gunung dengan puncak tertinggi di planet bumi. Everest adalah salah satu bagian dari pegunungan himalaya yang tertutup salju abadi. Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia.

Artikel Terkait Fenomena ,Mistis

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf