Hewan-Hewan Ini Pembawa Keberuntungan atau Hoki

Terungkaplagi 28.4.14
Hoki ataupun keberuntungan merupakan salah satu hal yang di inginkan dari setiap orang, tentunya ini khusus bagi mereka yang mempercayainya. Kadang-kadang, menurut mereka yang percaya akan hoki/keberuntungan, hewan pun bisa dianggap sebagai pembawa keberuntungan dalam kehidupan. Lantas, hewan-hewan apa saja yang dapat mendatangkan keberuntungan? Mari kita simak tujuh hewan yang menurut masyarakat bisa membawa keberuntungan.

1. Kucing


Hewan yang memiliki nama ilmiah Felis silvestris catus ini rupanya bisa mendatangkan hoki. Namun, yang dimaksud kucing di sini mungkin lebih dikhususkan pada sebuah benda atau patung berbentuk kucing yang di Jepang disebut 'Maneki Neko'. Maneki neko yaitu pajangan berbentuk kucing dari Jepang yang dibuat dari porselen atau keramik. Sosok seekor kucing yang duduk tegak dengan satu kaki depannya terangkat bak mengajak orang mendekat. Menurut kepercayaan mereka, pajangan ini dipercaya membawa keberuntungan kepada pemiliknya dan biasa dipajang di toko, restoran dan tempat-tempat usaha. Maneki neko yang mengangkat kaki depan sebelah kanan dipercaya dapat mendatangkan uang, sementara maneki neko yang mengangkat kaki depan sebelah kiri dipercaya mendatangkan pembeli. Pada umumnya Maneki neko tidak dibuat dengan kedua belah kaki depan diangkat karena tidak ingin dikatakan sudah menyerah angkat tangan. Model pajangan ini biasanya adalah kucing belang tiga, kucing Japanese Bobtail dengan buntut pendek seperti buntut kelinci. Maneki neko juga dibuat dalam warna-warna lain seperti kuning emas atau hitam. Konon, kucing yang menjadi model maneki neko sedang mencuci muka dengan menggunakan sebelah kaki depan. Wujud barang ini rasanya sudah tak asing lagi di toko, restoran, wartel dan sebagainya.

2. Tokek
Tokek ialah nama umum yang dipakai untuk menyebut cicak besar. Ada banyak jenis tokek, namun istilah tokek secara sempit biasa dipadankan bagi anggota marga Gekko, suku Gekkonidae. Hewan ini kebanyakan aktif di saat senja dan malam hari, meski suara panggilannya kadang-kadang terdengar di siang hari. Tokek tinggal di lubang pepohonan di hutan atau di rekahan batuan atau gua, akan tetapi sebagian jenisnya juga beradaptasi dengan lingkungan manusia dan bersifat komensal, yaitu organisme yang tidak merugikan. Tokek memburu aneka serangga dan invertebrata lain sebagai makanannya, ia juga tidak segan memangsa vertebrata lain yang lebih kecil dari ukurannya. Biasanya, tokek betina mengeluarkan sepasang telur yang disimpan di sudut-sudut lubang atau dinding rumah. Tempat menyimpan telur ini biasa digunakan berulang kali oleh tokek yang sama.

3. Ikan Lou Han
Ikan Lou Han merupakan salah satu ikan hias terkenal yang dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta benjolan kepala mereka yang berbentuk khas berjuluk 'benjol kelam'. Ikan yang memiliki ornamen tulisan Han di perutnya ini merupakan hewan yang memiliki nilai jual tinggi sebab dianggap bisa membawa keberuntungan bagi si pemiliknya.

4. Ikan Arwana
Ikan Arwana Asia, atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Ikan asli Indonesia ini masih dipilih masyarakat sebagai hewan peliharaan, sebab selain membawa keberuntungan juga menunjukan tingkat sosial seseorang. Harga ikan yang satu ini bisa mencapai puluhan juta sebab memiliki tingkat keberuntungan yang cukup tinggi.

5. Ikan Koi
Ikan Koi adalah varietas ikan hias peliharaan yang disimpan untuk tujuan dekoratif di kolam atau di akuarium. Ini merupakan jenis ikan karper Cyprinus carpio yang dipelihara untuk menghias rumah, berasal dari Tiongkok dan banyak tersebar di Jepang. Ikan ini masih berkerabat dekat dengan ikan mas, dan karena itu banyak orang menyebutnya ikan mas koi yang sebenarnya adalah misnomer. Varietas koi dibedakan oleh warna, pola, dan eskalasi. Beberapa warna utama putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krim. Kategori yang paling populer koi adalah Gosanke, yang terdiri dari Kohaku, Taisho Sanshoku dan varietas Showa Sanshoku. Usut punya usut, rupanya ikan ini juga dianggap membawa keberuntungan.

6. Katak
Katak adalah hewan amfibia yang paling dikenal ooleh orang di Indonesia. Anak-anak biasanya menyukai kodok dan katak karena bentuknya yang lucu, sering melompat-lompat, tidak pernah menggigit dan tidak membahayakan. Mungkin tak semua orang suka pada kodok. Kadang-kadang, sebagian orang akan merasa jijik jika berdekatan dengan makhluk amfibi ini. Namun pemikiran ini malah berbeda jika kita bicara soal tradisi masyarakat Jepang. Sebab bagi orang Jepang, justru kodok memiliki arti yang khusus. Tak tanggung-tanggung, bahkan katak dianggap sangat istimewa oleh orang Jepang.

7. Naga
Naga merupakan sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai kebudayaan. Pada umumnya berwujud seekor ular besar, namun ada pula yang menggambarkannya kalau naga berwujud seperti kadal bersayap. Meski naga adalah hewan yang fiktif atau belum dapat diuji keberadaanya, namun masyarakat tionghoa mempercayai bahwa hewan yang satu ini juga dapat membawa berkah dan keberuntungan. Sebagai contohnya, ornamen-ornamen khas Tionghoa banyak yang mengandung unsur naga.

Artikel Terkait Fauna ,Inspiratif

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf