Misteri Suara Drumband Misterius di Yogyakarta

Terungkaplagi 30.4.14

Muncul dugaan suara drumband misterius yang kerap terdengar pada pagi hari di Kota Yogyakarta merupakan gema dari sinkhole (lubang menganga). Lalu apa jawaban geolog?

"Sinkhole adalah lubang yang terjadi karena ada sungai di bawah tanah, sungai bawah tanah itu akan menggerus, mengerosi," jelas Ketua Jurusan Teknik Geologi UGM Sugeng Sapto Surjono saat berbincang dengandetikcom, Senin (6/1/2014).

Sugeng menjelaskan erosi tersebut membuat rongga aliran sungai bawah tanah itu semakin membesar. Sehingga lapisan tanah di bagian atas sungai tersebut berpotensi kolaps dan runtuh sewaktu-waktu.

Sedangkan gema sinkhole adalah pantulan suara yang berasal dari sejumlah sumber suara. Misalnya suara aliran air sungai bawah tanah atau suara batu terjatuh ke dalam air.

"Misalnya seperti dentuman, atau suara aliran air," ujar Sugeng.

Jika dikaitkan dengan suara drumband yang sering terdengar warga Yogyakarta, Sugeng mengaku belum melakukan penelitian terkait hal itu. Namun yang pasti, sinkhole hanya terjadi di tanah karts.

Di Yogyakarta, wilayah yang memiliki tanah karst adalah daerah Kabupaten Gunung Kidul.

"Kita terlalu jauh dari sana (Gunung Kidul). Sementara ini hanya warga (Kota) Yogyakarta dan Bantul yang mendengarnya," kata Sugeng.

Pria yang meraih gelar doktor di The National University of Malaysia ini mengatakan bahwa tak ada tanah karst di kawasan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Setidaknya di permukaan tanahnya.

"Tidak tahu kalau jauh di dalam sana. Jauh di dalam artinya ratusan meter di dalam," terang Sugeng.

Selain itu, bunyi yang selama ini terdengar memiliki ritme yang berirama. "Kalau (gema sinkhole), mestinya suaranya tak seindah ini," ujar Sugeng yang mengaku dirinya juga kerap mendengar suara itu.

Dugaan suara drumband misterius itu bersumber dari sinkhole disampaikan oleh pembaca detikcom, Agus S Pria.

"Saya bekerja di perusahaan minyak, dan kadang ngobrol dengan orang yang bekecimpung di bidang geologi (geologist), bisa diprediksi bahwa suara drumband itu adalah suara gema dalam sinkhole," tutur Agus dalam surat elektroniknya.

Artikel Terkait Ilmiah ,Misteri

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf