Fenomena Tentang Sumpah Pocong

Terungkaplagi 14.5.14
Fenomena Tentang Sumpah Pocong

Sumpah pocong adalah tradisi masyarakat yang konon akan dilakukan seseorang dengan kondisi terbalut kain kafan layaknya mayat. Sumpah pocong sering dilakukan oleh masyarakat di Indonesia dan tata cara berbeda misalnya dengan seseorang posisi duduk kemudian dikerudungi dengan kain kafan.

Pada umumnya sumpah pocong akan dilakukan oleh pemeluk agama islam dan dilengkapi dengan saksi yang dilakukan langsung didalam masjid. Sebenarnya didalam hukum islam tidak ada sumpah dengan menggunakan kain seperti sebutan sumpah pocong ini karena, sumpah ini merupakan norma–norma adat. Dimana sumpah pocong akan dilakukan untuk membuktikan kebenaran ketika seseorang di fitnah ataupun di tuduh yang didalam tuduhan tersebut tidak terdapat bukti.

Di dalam sistem pengadilan Indonesia, sumpah pocong ini dikenal sebagai sumpah mimbar dan merupakan salah satu pembuktian yang dijalankan oleh pengadilan dalam memeriksa masalah–masalah dewata. Meskipun bentuk sumpah pocong sendiri tidak diatur dalam peraturan hukum perdata dan hukum acara perdata.

Sumpah mimbar lahir disebabkan oleh adanya perselisihan antara seorang sebagai penggugat melawan orang lain sebagai tergugat, umumnya berupa perebutan hak – hak tanah, harta warisan, utang piutang dan sebagainya. Dalam sebuah kasus perdata ada beberapa tingkatan bukti yang layak diajukan, pertama adalah bukti surat dan kedua adanya bukti saksi. Mungkin ada kalanya kedua belah pihak sulit menyediakan bukti – bukti tersebut.

Sumpah terbagi menjadi dua macam yaitu sumpah decisior dan suppletior. Sumpah supletior atau sumpah tambahan dilakukan jika sudah ada bukti permulaan namun, belum bisa meyakinkan kebenaran sehingga dilakukan ketika adanya suatu perkara tanpa adanya bukti sama sekali. Kemudian dibantu dengan sumpah decisor, dimana putusan hakim akan semata–mata tergantung kepada bunyi sumpah dan keberanian pengucap sumpah.

Supaya memperoleh yang hakiki, karena keputusan berdasarkan bunyi pada sumpah. Sehingga sumpah tersebut dikait–kaitkan dengan sumpah pocong. Sebenarnya, sumpah pocong dilakukan untuk memberikan dorongan psikologis pada pengucap sumpah untuk tidak berdusta, supaya masalah tersebut menemui jalan keluar dengan pasti.

Artikel Terkait Misteri

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf