Misteri Pagar Berduri Air Panas Semurup Kerinci

Terungkaplagi 15.6.14

Air panas dan aktivitas vulkanik biasanya berpasangan. Begitu juga ketika kita mendaki Gunung Kerinci. Di sini ada sebuah titik panas yang terlahir akibat aktivitas vulkanik. Titik itu berupa kolam dengan air panas yang mengeluarkan aroma belerang. Warga setempat menyebutnya Air Panas Semurup. Letaknya di Desa Baru Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci.

Di Kabupaten Kerinci sendiri air panas tidak sulit ditemui, itu karena di berbagai sudut wilayah Kerinci terdapat sumber air panas alami dari gunung api yang masih aktif, yaitu Gunung Kerinci.

Air Panas Semurup memiliki luas 15 meter persegi dengan kedalaman 5 meter. Akan tampak air berwarna kebiruan yang sangat tenang, mengeluarkan asap seraya menunjukkan suhu tinggi sekira 80 derajat Celcius. Menurut warga setempat, dahulu suhu air mencapai 100 derajat Celsius. Tak mempersoalkan angka suhu, tempat ini tetap mengagumkan dan sangat menarik ketika membayangkan ada titik sepanas ini di dataran setinggi 800 mdpl.

Namun berbeda dengan kolam air panas yang kita bisa leluasa merasakan air belerang yang diketahui memiliki manfaat kesehatan. Kolam tersebut dijaga ketat dengan pagar berduri dan pintu yang digembok. Untuk memasukinya, butuh izin petugas setempat.

Menurut petugas, jangan pernah berniat mengakhiri hidup di Air Panas Semurup. Orang yang sudah memilik niat untuk bunuh diri di air panas, akan mengalami kerasukan. Seolah-olah ada seruan gaib yang memaksa si korban untuk segera datang dan menceburkan diri. Itulah alasan mengapa tempat ini dipagari.

Terlebih ada cerita mistis di sini. Sudah banyak nyawa melayang karena bunuh diri menjatuhkan badan ke kolam air panas tersebut. Anehnya, sudah terjadi sejak ratusan tahun. Ini menabalkan seolah tempat ini menjadi tempat favorit untuk mengakhiri hidup. Hampir setiap tahun sumber air panas ini meminta korban meski pagar berduri sudah dipasang sejak lama.

Apabila terjadi peristiwa bunuh diri di kolam air panas ini maka tiga hari kemudian airnya akan berminyak dan berbau amis. Setidaknya butuhkan waktu paling cepat satu bulan untuk menghilangkan bau amis dan air danau yang berminyak itu.

Sumber Air Panas Semurup sempat dimanfaatkan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai tempat pemandian prajurit militer. Oleh karena itu beberapa kamar mandi di kawasan ini merupakan bekas peninggalan Hindia Belanda dan hanya atapnya saja yang diperbaharui.

Akomodasi

Terdapat beberapa hotel kelas melati di Sungai Penuh, semisal Hotel Jaya Wisata, Hotel Aroma, dan Hotel Busana dengan harga terjangkau. Apabila ingin menginap di hotel berbintang dengan fasilitas lebih baik maka Hotel Kerinci bisa dijadikan pilihan.

Transportasi

Desa Baru Air Hangat terletak 11 kilometer dari Sungaipenuh, kota yang ditempuh 8-10 jam dari Jambi. Anda bisa menggunakan mobil pribadi ataupun mobil travel untuk meraihnya. Kondisi jalan sudah baik namun mulai dari Kabupaten Bangko hingga Kota Sungai Penuh, Anda akan melewati jalan berkelok.

Perjalanan ini tidak akan sia-sia karena Anda dimanjakan dengan alam yang subur. Terlebih jika sudah menapaki bumi Kerinci, Anda akan dibuat ingin kembali ke sini.

Kegiatan

Air Panas Semurup sering menjadi tujuan wisata keluarga warga Kerinci. Meskipun tidak bebas menikmati airnya, jangan khawatir, ada fasilitas kolam renang di dalam kompleks Air Panas Semurup. Anda masih bisa berendam dikelilingi suasana pedesaan Kerinci.

Di sekitar kolam terdapat warung yang menyediakan jajanan seperti mi instan, telur, pisang dan kopi. Rupanya, pengunjung sering memanfaatkan panasnya air kolam untuk merebus pisang dan telur. Bila tertarik untuk menikmatinya, silahkan mendatangi petugas setempat dan biarkan salah seorang dari mereka membantu Anda. Ketika telur atau pisang sudah matang, Anda bisa menikmatinya di pendopo yang dibangun sekitar kolam.

Artikel Terkait Budaya ,Fakta ,Fenomena ,Misteri

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

1 comment:

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf