Disiksa Selama 50 Tahun, Gajah Ini Menangis Saat Dibebaskan

Terungkaplagi 11.7.14

Seekor gajah menangis terharu saat dibebaskan, setelah dia dikekang dan disiksa selama 50 tahun.
Raju, seekor gajah yang berada di daerah Uttar Pradesh, India itu, berhasil dibebaskan oleh kelompok pencinta binatang. Selama 50 tahun, Raju dirantai dan hanya bertahan hidup dari makanan yang diberikan oleh wisatawan. Kadang, Raju hanya menemukan tumpukan plastik dan kertas yang diberikan padanya.
Pekan lalu, sebuah kelompok pencinta binatang asal Inggris, Wildlife SOS, bersama sekelompok dokter hewan, ahli satwa liar, dan polisi berhasil membebaskan Raju dalam sebuah misi di malam hari.
“Raju telah menghabiskan 50 tahun hidupnya dengan dirantai selama 24 jam sehari, dan menghadapi tindak kekejaman setiap harinya,” kata juru bicara Wildlife SOS, Pooja Binepal.
“Tim penyelamat pun terkejut ketika melihat air mata mengalir di wajah Raju ketika kami menyelamatkan dia. Kejadian itu begitu emosional bagi kami. Kami tahu di hati kami bahwa dia sadar telah dibebaskan,” ujarnya lagi.
Dia pun menceritakan bahwa gajah adalah binatang yang hebat. Tidak hanya dikenal sebagai binatang yang cerdas, gajah juga terbukti memiliki perasaan untuk bersedih.
“Jadi kami hanya bisa membayangkan bagaimana rasanya disiksa selama setengah abad baginya,” kata Pooja.
Tidak diketahui dari mana asal Raju. Pooja hanya menjelaskan bahwa Raju ditangkap pemburu bersama ibunya ketika dia masih sangat kecil.
Dari situ, Raju dijual untuk menjadi atraksi wisatawan. Dia memohon untuk mendapatkan koin dengan belalainya, tanpa tempat berteduh, dan hanya mendapat makanan yang dilemparkan, bahkan jika itu hanya berupa plastik dan kertas.
“Rantai yang diikatkan ke kakinya memiliki paku yang menusuk ke dagingnya. Setiap kali dia bergerak, rantai itu akan melukainya. Eksploitasi dan penyiksaan ini harus berhenti,” ujarnya.
Tim Wildlife SOS kemudian membawa Raju ke konservasi gajah di Mathura. Di sana, semua rantai di kaki Raju dilepaskan. Dia dimandikan dan diberikan makanan layak.
“Hari ini, dia tahu seperti apa rasanya bebas dan dia akan belajar seperti apa rasanya menerima kebaikan,” kata Pooja. 


Artikel Terkait Berita ,Fauna

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf