Cara Membedakan Es Batu dari Air Matang dan Mentah

Terungkaplagi 23.8.14

Es batu dari air mentah. Es batu dari air mentah terlihat berwarna putih layaknya susu. Hal itu karena masih banyak gas atau oksigen yang berada didalamnya.

Es batu dari air matang. Es batu dari air matang terlihat bening. Hal itu karena gas di dalam air terlepaskan ketika proses perebusan. Selain itu ketika terjadi pendinginan, sedikit gas yang terperangkap dalam es karena kandungan udara dalam air berkurang. Es semacam ini biasanya disebut sebagai es kristal atau ice cube. Es kristal ini memiliki bentuk seperti pipa dan berlubang, aman dikonsumsi dan tidak beresiko memiliki kandungan bakteri

Cara membedakan

Perhatikan warna es batu. Es batu yang dibuat dari air mentah memiliki warna yang putih. Secara ilmiah, air yang bersuhu dingin akan meyebabkan udara terperangkap di dalam air. Ketika air membeku maka akan tampak gelembung udara menjadi berwarna putih seperti salju

Kejernihan es batu dari air masak akan terlihat lebih jernih dan sangat bening. Hal ini dikarenakan udara sudah lepas ketika proses pemasakan. Es juga akan terlihat jernih tanpa kotoran karena, sebelum dijadikan es, telah dimasak sehingga kotoran-kotoran air telah mengendap.

Gelembung es. Secara Ilmiah, walaupun saat pendinginan air menjadi es pada suhu 0 derajat, udara tidak bisa masuk ke dalam pembungkus es batu sehingga sangat sedikit gelembung yang terperangkap di dalamnya. Ini juga membuktikan bahwa kandungan udara di dalam air menjadi berkurang.

Adakah es batu yang sehat di negeri ini? Saya tak mempunyai data tentang hal tersebut, namun di negeri ini sangat banyak pabrik es batu, terutama dikonsumsi nelayan, untuk dipakai pada kotak atau peti ikan. Dalam peti-peti tersebut, dimasukan es batu, sehingga ikan tetap segar. Bisa dipastikan bahwa, es batu (dan juga kristal es) yang mereka gunakan adalah es dari air mentah.

Es batu, keluaran pabrik es batu, dalam bentuk balok-balok es itulah yang sering terlihat di depo-depo es batu. Mereka mengambil atau membeli dari pabrik es, dan ditumpuk, kemudian dibeli oleh pemilik warung makan dan minuman, ada kemungkinan restauran kecil pun membeli es batu balokan dari depo-depo seperti itu.

Dengan demikian, jika pemilik warung makan dan penjual minuman gunakan es batu dari depo (yang sebelumnya dari pabrik es batu, bukan untuk minuman, karena tidak sehat), maka akibat sudah jelas. Kita dan minum dengan minuman yang tercemar oleh berbagai jenis penyakit melalui es batu.

Itulah Es Batu, dibutuhkan dan dikonsumsi setiap hati, namun tampa disadari, menjadi penyalur bibit penyakit untuk siapa pun. [sumber: kompas forum dan retnohudoyo.blogspot]

Artikel Terkait Kesehatan ,Tips

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf