9.9.14

Ampuhnya Guna-Guna Suku Kajang

Aku masih inget waktu kuliah dulu ada temen yang ditaksir sama orang Sulawesi, terusnya ditanya macem2 deh. Kaya mau didatengin kampungnya aja deh nanyanya, padahal alesannya konyol banget kayanya deh, supaya ga dipelet atau disantet. Hah? Emang katanya ngeri banget kalo ditaksir sama orang dari Sulawesi Selatan, harus ati2, jangan2 dia suku Kajang.


Dulu sih selewat aja denger kaya gitu, tapi sekarang jadi ikutan serem juga deh. Soalnya aku baca nih kalo emang ilmu santet dan pelet orang2 suku Kajang tuh mengerikan, mereka bisa ‘ngirim’ dari jarak jauh. Ga segan bikin orang yang ditujunya menderita bahkan mati. Ih nyeremin. Jadi jangan bikin orang suku Kajang sakit hati kalo ga mau punya resiko kaya gitu, duh sebelum soal sakit hati mending ga pernah ditaksir sama orang dari suku itu deh :(

Biarpun sekarang udah modern, Suku Kajang di Bulukumba Sulawesi Selatan itu masih ada yang hidup dengan adat dan tradisinya. Mereka jauh dari modernisasi, ga ada barang elektronik, boro2 internet. Semua itu katanya bikin mereka jauh dari leluhur dan alam, padahal keterikatan mereka pada leluhur yang bikin dunia mistis di sana kuat banget. Banyak guna-guna yang hanya bisa punah dengan kematian.

No comments:

Post a Comment