Rahasia Dibalik Gunung Papandayan

Terungkaplagi 18.9.14
Mendaki gunung mungkin menjadi sebuah cara yang banyak digunakan oleh kaula muda untuk refreshing atau sejenak melupakan beban pekerjaan, kuliah, bahkan beban hidup. Tapi, saat mendaki sebuah gunung, apa sih yang kamu lihat selain keindahan alamnya?

Baru-baru ini, kami jalan-jalan ke sebuah gunung api starto yang ada di Kabupaten Garut, yaitu Gunung Papandayan. Gunung yang memiliki ketinggian 2665 meter di atas permukaan air laut itu terkenal karena kawahnya serta keindahannya. Lalu, apa saja sih keunikan yang bisa ditemukan di Gunung Papandayan ini?

4 Kawah Papandayan



Hampir semua orang yang pernah datang ke wilayah ini hanya mengatakan bahwa di sana terdapat kawah Papandayan. Tapi, tahukah kamu nama kawah-kawah tersebut? Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nanglak, dan Kawah Manuk yang kesemuanya mengeluarkan uap yang mengandung belerang.

Curug Papandayan

Kamu yang sering naik gunung mungkin akan senang setelah mengetahui bahwa ada kawasan curug yang tidak diketahui oleh banyak orang. Di Curug ini, kamu bisa merasakan betapa indahnya wilayah Gunung Papandayan dan betapa dinginnya udara di situ. Ya, bayangkan saja bagaimana mandi di kawasan yang temperature udaranya 10 derajat Celcius!

Sejarah Letusan

Tahukah kamu kalau Gunung Papandayan sudah meletus sebanyak 4 kali? Letusan tersebut terjadi pada 12 Agustus 1772, 11 Maret 1923, 15 Agustus 1942, dan 11 November 2002 dengan letusan paling besar terjadi pada tahun 1772. Letusan terbesar itulah yang mengakibatkan 2957 orang meninggal, 40 desa hancur, dan daerah sekitarnya tertutup karena longsor.

Sumber Air Panas

Kawasan Kawah memang dekat dengan sumber air panas. Tapi, tidak banyak orang yang tahu bahwa di wilayah ini terdapat blok khusus sumber air panas yang terletak di wilayah perbatasan Blok Cigenah. Sama seperti sumber air panas di wilayah gunung dan kawah lainnya, di Cigenah ini juga kamu bisa mandi air panas yang mengandung belerang dengan khasiat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Hutan Mati



Yang paling unik dan misterius adalah Hutan Mati yang bisa kamu temui saat berjalan-jalan dari Pondok Saladah menuju Padang Edelweis Tegal Alun. Hutan Mati ini disebut begitu karena banyak pohon-pohon dengan batang yang masih beridir kokoh, namun tidak berdaun sama sekali. Sampai saat ini, belum ada pemberitahuan mengenai rahasia apa yang ada di balik hutan mati tersebut sehingga terkesan sangat misterius, mencekam, namun penuh dengan pesona keindahan.

Babi Hutan

Di kawasan ini, kamu juga masih bisa menemukan babi hutan yang berkeliaran di wilayah sekitar kawah. Jadi, untuk kamu yang melakukan perjalanan sore menuju malam sebaiknya berhati-hati jangan sampai menjadi mangsa sang babi hutan.

Artikel Terkait Fenomena ,Rahasia

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf