Warna Sejati Air

Terungkaplagi 22.9.14
Seperti yang kita tahu, bahwa kita mengira air itu gak ada warnanya alias bening. Namun yang kita bahas sekarang adalah warna air itu ternyata bukan bening melainkan bewarna biru. Biru darimana? Berikut ulasan selengkapnya.



Air bersih memiliki warna, warna air adalah biru, mengapa begitu? Karena "lapisan" air menyerap "gelombang" cahaya matahari Nah molekul-molekul air ini "menyerap" warna-warna itu dan menyisakan warna biru, dan itulah yang terlihat oleh mata kita.agan tidak akan bisa melihat warna "biru" air itu pada segelas air, tapi coba deh agan tuangkan air ke dalam bak kamar mandi kamu hingga penuh (yang berwarna putih), lalu amati warnanya, "biru" kan?. Karena sekali lagi "lapisan" air di gelas tidaklah cukup menyerap "warna cahaya" yang datang kepadanya, sehingga air tidak bisa menunjukkan warna biru aslinya.

Tapi ingat gan bak mandinya warna putih bersih bukan putih butek

Sekarang sudah jelas kan gan, kenapa air laut yang lebih luas dari bak kamar mandi agan berwarna biru?
Sedikit info lagi nih bahwa lautan mengandung banyak sekali partikel-partikel mulai dari ikan, karang, plankton, dan sebagainya. Ada juga zat organik terlarut yang dalam istilah Jerman disebut gelbstoff. Materi-materi ini lah yang menyebabkan "penyerapan" cahaya matahari sehingga hanya menyisakan warna "biru gelap" bagi lautan.

Selain penyerapan atau adsobsi cahaya, warna laut disebabkan juga oleh "penghamburan cahaya" oleh mahluk-mahluk kecil di laut seperti fitoplankton (tumbuhan sangat kecil) dan zooplankton (hewan sangat kecil). Akibatnya, agan juga kerap melihat warna laut biru cerah kehijauan di perairan yang ada di laut di daerah tropis termasuk di negeri kita. Cahaya matahari yang berlimpah dan iklim panas sangat baik buat pertumbuhan plankton.

Artikel Terkait Fakta ,Ilmiah

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf