Asal Usul dan Sejarah Pulau Karimun Jawa

Terungkaplagi 28.10.14
Pulau Karimun jawa adalah sebuah sub-distrik Jepara yang terdiri dari 27 pulau, 3 desa dengan penduduk 8,000 merupakan daerah reservasi. Keberadaan beberapa flora dan fauna yang khusus membuat pulau ini di lindungi


Asal Usul Karimun Jawa
Sunan Nyamplungan adalah orang yang memberi nama Karimunjawa. Sunan Nyamplungan yang juga disebut Amir Hasan ketika ia masih muda adalah putra Sunan Muria. Amir Hasan adalah anak manja, ibunya selalu memberikan yang ia inginkan. Di sisi lain ayahnya tidak setuju dengan sikap buruk, sehingga ayahnya mengajarkan nilai-nilai dasar Islam kepadanya, tetapi tidak mengubah perilaku Amir Hasan buruk. Sunan Muria tidak tahan menghadapi perilaku anaknya, jadi dia tanya kakaknya bernama Sunan Kudus untuk mengajar Amir Hasan. Sunan Muria diharapkan bahwa dengan metode Sunan Kudus, perilaku putranya akan berubah. 

Sunan Kudus mengajarkan Amir Hasan sangat baik, tak heran jika Amir Hasan menjadi orang baik muda. Mengingat perubahan perilaku Amir Hasan, Sunan Kudus membawanya kembali ke Sunan Muria.

Sunan Muria sangat gembira mengingat anaknya berubah. Untuk membuktikan pengetahuan Islam putranya, ia lalu menyuruh Amir Hasan pergi ke sebuah pulau terisolasi yang samar-samar terlihat dari puncak gunung Muria.

Amir Hasan didampingi oleh dua pria dan disertakan dengan 2 lembar pohon nyamplung. perjalanan panjang dengan berlayar di laut luas, akhirnya berakhir di pulau ini bertujuan. Amir Hasan memutuskan untuk tinggal di pulau itu dan kemudian yaitu “KARIMUNJAWA”.

Pulau yang samar-samar terlihat dari puncak Gunung Muria milik wilayah java. Di pulau itu ada banyak pohon nyamplung. Itulah alasan mengapa amir Hasan ketahui sebagai “Sunan Nyamplung”

Lele Dumbo Stingless Fresh Air
Ketika Nyai Sunan Muria (istri Sunan Muria itu) tidak menemukan anaknya, dia bertanya kepada suaminya di mana perginya Hasan Amir. Sunan Muria kemudian menjawab bahwa Amir Hasan diminta untuk pergi ke pulau terpencil di utara pulau Jawa. Nyai Sunan Muria memutuskan untuk menemui Amir Hasan. Dia membawa makanan kesukaan Amir Hasan “Pecel lele” (barbequed air tawar ikan patin disajikan dengan cabai hancur). Sayangnya dia tidak bisa menemui amir Hasan. Jadi, ia melemparkan makanan ke laut. Ajaib, makanan dicor pergi ke pulau yang bertujuan Amir Hasan. Ikan lele di pulau ini belum ikan lele stingless disebut Legon Lele, daerah ini terletak dan bagian terakhir dari Karimunjawa. 

Kuku Tindik
Nyai Sunan Muria juga membawa makanan kesukaan Amir Hasan yang lain yang terbuat dari paku sebagai material.Because utama kekecewaan, ia melemparkan makanan ke laut. Sama dengan ikan air tawar, kuku juga ajaib berdedikasi jauh di laut Karimunjawa kuku dapat ditemukan di Legon Lele, mereka semua kuku memiliki lubang khusus di punggung mereka. Jadi mereka disebut sebagai “Sisik Bolong” (menusuk Nails).

Ular Buta
Dikisahkan, suatu hari Amir Hasan sedang mencari tempat untuk menyebarkan pengetahuan Islamnya. Ketika ia berjalan di sekitar, tiba-tiba ada ular hitam beracun dan ia digigit ular. Dia kemudian marah dan mengutuk ular ke ular buta. Saat ini, ular ini dikenal sebagai “ular edor”, umumnya ular tidak bisa bergerak dalam cahaya hari.

Kayu Dewadaru
Jika kita mengunjungi makam Sunan Nyamplungan halaman yang terletak di atas bukit, kita akan menemukan dua pohon besar yang disebut “Dewa Kayu” dekat gerbang. Menurut cerita rakyat setempat, jenis kayu yang memiliki kekuatan magis. Masyarakat setempat percaya bahwa kayu tersebut akan membuat rumah mereka menyelamatkan dari pencuri atau tindakan mengganggu lainnya jika mereka bagian dari kayu di rumah mereka.

Kayu Setigi
Dipercaya sebagai kayu yang digunakan sebagai tongkat oleh Sunan Nyamplungan dan digunakan untuk mengutuk ular disebutkan catatan above.Special: jenis kayu ini akan ditarik dalam air jika kita dimasukkan ke dalam air. Hal ini digunakan untuk menetralkan racun binatang.

Kayu Kalimasada
Alih-alih mereka jenis kayu, ada juga jenis kayu yang memiliki kekuatan magis bernama Kalimasada Kayu. Masyarakat lokal untuk melawan roh setan sering menggunakan kayu ini.

Potensi khusus Dari Potensi Karimunjawa
Taman laut Nasional Karimunjawa terdiri dari 1 kecamatan, 3 desa dan 27 pulau (5 pulau yang berpenghuni, yang lain kosong). Jaraknya sekitar 90 km ke utara dari pusat kota Jepara.

Bunga Kusus
Taman Laut Nasional Karimunjawa merupakan daerah yang cocok untuk melakukan wisata air laut beberapa nilai tambahan Karimunjawa:
- Melihat laut Wonderful dan kemurnian air
- Dengan pantai berpasir
- Beberapa hewan diawetkan unik seperti rusa, stingless, lele, ular edor, dll
- Jarang menyentuh hutan
- Hiu, kerapu, lemuna, tripang dapat dilihat pada pelestarian kawasan
- Dolphins

Artikel Terkait Fenomena ,Misteri

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf