Blue Fire, Fenomena Unik Kawah Ijen

Terungkaplagi 18.10.14


Pesona Kawah Ijen di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi memang luar biasa indah. Selain mempunyai danau kawah terbesar di dunia, kawah ijen yang berada di ketinggian 2388 meter di atas permukaan laut ini juga mempunyai fenomena alam yang unik, yakni kawah biru atau Blue Fire.

Kawah Ijen adalah satu-satunya kawah di Indonesia yang memiliki fenomena alam unik ini. Di dunia, hanya ada dua tempat yang memiliki Blue Fire. Selain Indonesia, fenomena si api biru juga terdapat di Islandia. Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara seperti Eropa rela datang jauh-jauh sekedar untuk melihat penampakan si Api Biru di kawah Ijen.

Untuk menuju Kawah Ijen bisa di akses dari dua arah yaitu, dari utara dan dari selatan. Dari utara, bisa di tempuh melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) lewat Wonosari dan dilanjutkan ke Paltuding dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

Sementara jika dari arah selatan, bisa melalui Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 15 Km. Dari Licin menuju Paltuding berjarak 18 Km dan diteruskan menggunakan Jeep atau mobil berat lainnya sekitar 6 Km sebelum ke Paltuding. Dikarenakan jalan yang berkelok dan menanjak.


Momen yang pas untuk menyaksikan “si api biru” ialah saat musim kemarau, biasanya sekitar bulan Mei sampai Oktober. Karena jika pada musim penghujan sangat berbahaya untuk pendakian di Gunung Ijen. Api biru hanya dapat dilihat pada dini hari, yaitu pada pukul 01.00-03.00 Wib, atau sebelum matahari terbit. Jadi, ada baiknya jika melakukan pendakian, setidaknya mulai pukul 01.00 dari pos Paltuding.

Butuh pendakian kurang lebih 1,5-2 jam perjalanan dan sejauh 3 km untuk mencapai puncak kawah. Meski melalui perjalanan yang cukup berat, namun rasa lelah akan terbayar puas dengan menyaksikan keajaiban alam yang luar biasa ini. Api berwarna biru tersebut adalah api yang tercipta dari semburat belerang cair dari dalam kawah Ijen. Panasnya kawah yang berpadu dengan belerang menciptakan efek api berwarna biru di permukaan.

Sumber: remaja.suaramerdeka

Artikel Terkait Fenomena ,Plesir

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf