Penemuan Bunker Kuno Peninggalan Belanda di Solo

Terungkaplagi 27.10.14
Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah mulai menggali bunker peninggalan kolonial Belanda yang terletak di kompleks Balai Kota Solo. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menjaga dan melestarikan benda cagar budaya itu.

Pantauan VIVAnews, Jumat 8 November 2013, sejumlah pekerja dari BPCB Jawa Tengah dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo sibuk menggali tanah-tanah di sekitar bangunan bunker tersebut. Selain itu, mereka juga dengan sabar menghilangkan sisa fondasi bangunan yang sempat berdiri di atas bunker kuno itu.

Kepala Bidang Pelestarian BPCB Jawa Tengah, Gutomo mengatakan bahwa informasi keberadaan bunker itu didapat dari Pemkot Solo, akhir tahun lalu. Setelah dicek, ternyata bunker itu memang ada.

Sejauh ini, BPCB Jawa Tengah belum bisa memastikan fungsi bunker kuno itu karena belum ada sumber-sumber yang bisa menjelaskan keberadaan bangunan itu. Karena tak ada sumber yang bisa menjelaskan, petugas akan menilai fungsi bunker ini dari penggalian. "Kami akan terus menggali," kata Gutomo.

Seperti diketahui, kompleks Balai Kota Solo merupakan rumah dinas residen saat penjajahan Belanda. Oleh sebab itu, keberadaan bunker itu diduga bisa menjadi bagian dari sistem pertahanan maupun pengamanan di kompleks tersebut. "Dugaan itu belum bisa dipastikan kebenarannnya. Bisa jadi bunker itu hanya bagian dari sistem. Drainase atau tempat cadangan air di komplek tersebut pada masa itu," paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, bunker ini belum bisa dimasuki karena terisi air. "Setelah nanti airnya dialirkan kemana dan aman, kami bisa masuk," ujarnya.

Selanjutnya dia mengungkapkan pemkot akan menjaga dan melestarikan bunker kuno ini. Bangunan ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti tempat pertemuan. "Untuk tempat ijab qobul pernikahan juga bagus banget loh," ucapnya sumringah.



Artikel Terkait Berita ,Budaya ,Fakta

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf