Pengalaman Bertemu Gaib Reco Gladag di Alun-Alun Keraton Solo

Terungkaplagi 31.10.14
Kegemaran atau hobi seseorang tidaklah sama, ada yang memiliki hobi biasa-biasa saja dan wajar dan ada pula yang punya hobi ekstrim dan nyeleneh. Salah satu orang yang memiliki hobi nyeleneh adalah Mas Yudi.

Teman-temannya biasa memanggil dia Yudi Antik, bukan tanpa sebab karena dia memang pedagang barang antik. Kalau malam hari ia biasa berkumpul dengan kelompoknya didepan Gedung Wayang Orang Sriwedari Solo atau terkadang di Alun-Alun Utara Keraton Solo hingga tengah malam. Mungkin karena terlanjur malam sehingga malas untuk pulang akhirnya ia sering tidur di salah satu pohon Beringin di Alun-Alun Utara tersebut.

Pengalaman Bertemu Gaib Reco Gladag di Alun-Alun Keraton Solo
Mas Yudi

Seperti yang banyak orang ketahui bahwa kawasan Keraton ini masih sangat kental nuansa mistisnya. Akhirnya tidur di bawah pohon Beringin ini menjadi kebiasaan Mas Yudi dan tanpa disadari sudah memakan waktu selama 2 tahunan.

Selama ia tidur di tempat ini, ia pernah mengalami penngalaman yang unik ketika dirinya tertidur karena kecapean berjualan. Dan tumben semalaman berjualan tak satupun barang dagangannya yang laku. Akhirnya pulang pun malas juga, dan dibawah pohon Beringin Alun-Alun Utara Keraton yang kalau siang biasa digunakan berjualan batu akik oleh para pedagang, ia merebahkan raganya melepaskan kepenatan hidup.

Baru sesaat terbaring tiba-tiba ia dibangunkan oleh seseorang. Ketika terbangun, "Masya Allah... sosok hijau sangat besar, membawa gada, dengan rambut gimbal. Hampir copot jantungku saat itu," kenang Yudi mengingat peristiwa ganjil tersebut.

Setelah bisa menguasai dirinya, ia bisa melihat sosok itu dengan lebih jelas, persis seperti patung sepasang Dwarapala yang setia menjaga pintu masuk Alun-Alun Gladag. Arca Dwarapala itu biasa disebut Reco Gladag.

"Apakah kamu Reco Gladag?" tanya Yudi sekenanya.

"Benar, aku penjaga gaib yang berdomisili di Reco Gladag tersebut. Namaku Kiai Truno, sekarang kamu ikut aku jalan-jalan," kata raksasa Gladag itu.

Yudi diajak jalan-jalan melewati tengah Alun-Alun Utara yang tepat ditengahnya terdapat pohon Beringin Kurung sepasang, terus ke depan hingga Sasana Soemewa. Lalu gaib Reco Gladag itu menunjuk ke barat ke arah Pasar Klewer.

"Hati-hati jika isterimu belanja di Pasar Klewer, banyak tuyul-tuyul tua berkeliaran disitu. Mereka sangat lihai, ada yang sengaja dilepas pemiliknya disitu, namun banyak juga yang dipelihara oleh pedagang setempat," ujarnya.

Lalu tiba-tiba dari langit terlihat ribuan cahaya berputar-putar diatas Keraton Solo. Cahaya kuning kemerahan itu kalau datang biasanya diikuti suara gemuruh dan ada kentongan berirama 'titir' mengiringi. Orang-orang sekitar Keraton sudah tahu kalau itu terjadi adalah pertanda bahwa pasukan laut Kidul datang, yang disebut Kavaleri Lampor.

Mereka biasanya mengawal pejabat penting dari Keraton Ratu Kenconosari sendiri yang datang. Kalau sudah begitu biasanya para gaib di sekitar Keraton, termasuk Kiai Truno, akan berkumpul menyambut atau mangayu bagyo kedatangan ratu alusan tertinggi di nusantara ini.

Pengalaman Bertemu Gaib Reco Gladag di Alun-Alun Keraton Solo
Arca Dwarapala

Dan kata Kiai Truno setelah melihat tanda-tanda itu pada Yudi.

"Sekarang sudah saatnya kamu pulang, itu pasukan Lampor dari Keraton Kidul sudah datang berpatroli, kalau ketahuan kamu nanti ditangkap dan dijadikan prajuritnya. Aku dan wadya balaku harus segera menyambutnya".

Setelah berkata demikian, Yudi seperti dipegang lehernya dan dilemparkan oleh gaib Reco Gladag yang bernama Kiai Truno itu. Dan tahu-tahu dirinya sudah berada dibawah pohon beringin lagi. Ia tak tahu apakah yang jalan-jalan tadi sukmanya atau dengan raganya? Sampai sekarang ia tak menemukan jawabannya.

Pengalaman itu hingga kini selalu membekas di ingatannya. Sebenarnya hal itu hanya salah satu saja dari sekian banyak pengalaman gaib yang dialami Yudi. Tetapi tampaknya dia memang belum ingin mengisahkan semuanya. Maklumlah, tidak semua orang bisa percaya dengan kisahnya.

Artikel Terkait Mistis ,Seram

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf