Situs Purbakala Ditemukan di Kebun Kopi di Sumatera Selatan

Terungkaplagi 27.10.14
Warga Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, menemukan situs megalit yang diduga merupakan pemukiman kuno peninggalan pra sejarah berumur ribuan tahun sebelum masehi. Kompleks Megalitikum itu ditemukan di kawasan perkebunan kopi milik warga setempat.

Di lokasi ini, warga menemukan empat megalit yang berada di satu lokasi di dalam areal perkebunan kopi, terdiri dari tiga arca manusia dan satu buah batu datar. Lokasi penemuan ini berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota pagar alam.

Namun, akibat tidak terawat, kondisi beberapa arca dan megalit menjadi rusak. Beberapa arca manusia sudah tidak memiliki kepala, sedang sebagian lainnya masih tertimbun di dalam tanah.

Menurut warga setempat, di dalam kebun kopi miliknya ini terdapat begitu banyak batu. Namun, mereka tidak menyangka kalau dari puluhan batu tersebut terdapat batu megalit berbentuk arca manusia yang usianya sudah ribuan tahun.

Megalit diketahui, saat salah seorang warga duduk di atas batu tersebut. Ketika membersihkan tanah yang menempel di batu, tampak bentuk batu tersebut menyerupai patung yang berukir. Kejadian ini pun langsung dilaporkan ke aparat desa.

Petugas Balai Pelestarian Benda Cagar Budaya Jambi yang datang ke lokasi langsung mengukur empat megalit ini. Dilihat dari bentuk dan ukurannya, empat megalit ini merupakan Arca Masia dan batu datar yang berusia ribuan tahun.

Penemuan ini selanjutnya akan dilaporkan ke Balai Arkeologi Palembang untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dan diketahui secara pasti jenis dan usia benda purbakala ini.


Artikel Terkait Budaya ,Legenda

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf