Ternyata Bekasi Pernah Jadi Ibukota Kerajaan Besar

Terungkaplagi 14.10.14


Bekasi, Jawa Barat, belakangan menjadi bulan-bulanan masyarakat. Cuaca panasnya, lokasi jauhnya, infrastruktur, bau sampahnya, dijadikan bahan candaan.

Namun tahukah, kota yang terletak di pinggiran Ibukota ini bukannya berdiri tanpa sabab-musabab. Kelahirannya didasari oleh sejarah masa lampau kejayaan Kerajaan Tarumanegara sejak abad ke 5 Masehi.

Menurut para ahli sejarah, Bekasi merupakan Ibukota Kerajaan Tarumanagara -- salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang terkenal dengan raja Purnawarman. Saat itu Bekasi dikenal dengan nama Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri.

Jejak-jejak kejayaan Kerajaan Tarumanegara di Bekasi tercatat dalam Prasasti Tugu yang ditemukan di daerah Tugu, Cilincing, Jakarta Utara. Di prasasti itu diceritakan perintah Raja Purnawarman untuk menggali Kali Candrabhaga atau Kali Bekasi yang bertujuan untuk mengairi sawah dan menghindar dari bencana banjir yang kerap melanda wilayah Kerajaan Tarumanagara.

Saluran irigasi itu pun dibangun membentang sejauh 11 kilometer dan masih bisa dijumpai hingga kini. Proyek inilah yang disebut-sebut sebagai salah satu bagian dari puncak kejayaan Tarumanagara.

Setelah Tarumanagara runtuh (abad 7), kerajaan lain yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap Bekasi adalah Kerajaan Padjadjaran. Ini terlihat dari situs sejarah Batu Tulis (di daerah Bogor).

Bekasi disebutkan merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Padjadjaran dan merupakan salah satu pelabuhan sungai yang ramai dikunjungi oleh para pedagang.

Di Kota Bekasi ini pulalah asal Maharaja Tarusbawa, pendiri Kerajaan Sunda menurunkan raja-raja Sunda sampai generasi ke-40 yaitu Ratu Ragumulya, penguasa Pajajaran yang terakhir.

Artikel Terkait Fakta ,Rahasia ,Sejarah

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf