7 Galaksi Tua Tak Dikenal Tiba-tiba Menampakkan Diri

Terungkaplagi 24.11.14

Agar dapat terbentuk, sebuah galaksi memerlukan waktu ratusan juta jutaan hingga miliaran tahun. Namun, apa jadinya bila secara tiba-tiba lahir 7 galaksi baru di alam semesta?

Ahli antariksa dari Universitas Tokyo baru-baru ini menemukan 7 buah galaksi baru misterius yang seakan-akan muncul entah dari mana. Uniknya, galaksi-galaksi itu bukanlah galaksi yang beru terbentuk, melainkan sudah berumur sangat tua, kerena diprediksi pertama 'lahir' 13,1 miliar hingga 700 juta tahun yang lalu.

Lalu dari mana mereka muncul?

Galaksi-galaksi misterius yang oleh ilmuwan disebut Lyman-alpha Emitters (LAEs) itu ternyata diketahui 'bersembunyi' di balik kabut-kabut luar angkasa. Dari penelitian yang ada, LAEs adalah galaksi-galaksi tertua yang pernah ada dan memiliki massa yang rendah. Bisa dibilang LAEs ibaratnya galaksi nenek moyang dari galaksi Bima Saksi, tempat bumi berada.

Para ilmuwan Universitas Tokyo sendiri bisa melihat LAEs dengan teleskop Subaru di Jepang setelah kabut-kabut luar angkasa yang menutupinya mulai menghilang.

Kabut luar angkasa itu mulai menutupi LAEs sejak alam semesta baru berusia 400.000 juta tahun. Ketika itu, suhu alam semesta sudah mulai menurun setelah 'Big Bang' terjadi dan menyebabkan peningkatan jumlah atom hidrogen yang bersifat netral.

Namun, kemunculan sinar ultraviolet menyebabkan atom hidrogen tadi terurai dan membentuk kabut luar angkasa. Ilmuwan percaya bila kabut luar angkasa mulai menghilang sejak 13 miliar tahun yang lalu dan menyebabkan galaksi LAEs mulai terlihat.

Kini ilmuwan masih terus mencoba mencari tahu mengapa galaksi-galaksi LAEs baru menampakkan diri mereka setelah begitu lama. Teori kabut luar angkasa ini juga diklaim bisa menjadi alasan mengapa beberapa galaksi terlihat terbentuk dalam waktu yang sangat cepat.

"Ini adalah penemuan yang menarik. Kita bisa melihat cahaya (galaksi) yang tiba-tiba muncul 700-800 juta tahun setelah ledakan Big Bang. Tapi apa yang menyebabkannya?" ujar Akira Konno yang menjadi salah satu pimpinan penelitian tersebut.

Artikel Terkait Aneh ,Fenomena

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf