Fenomena Gunung Soputan Pasca Gempa, Mitologi Berbicara

Terungkaplagi 19.11.14

Setelah gempa bumi dasyat berpusat di Halmahera yang juga mengguncang kawasan Sulawesi, masyarakat masih dihebohkan fenomena alam yang tak kalah mengejutkan. Penduduk Kabupaten Minahasa Tenggara menyaksikan Gunung Soputan di kabupaten ini sempat mengeluarkan asap. Masyarakat pun menggunjingkan pertanda alam murka.

Dalam mitologi masyarakat Minahasa Tenggara, letusan gunug berapi yang disertai gempa bumi dipercayai sebagai pertanda alam sangat murka.

“Kami langsung gelar do’a, memohon ampun jika ada kesalahan yang sudah kami lakukan,” kata Ombe warga Silian.

Mitologi alam menunjukkan tanda-tanda murka, dianggap, penyebabnya dosa masyarakat sudah kelewatan atau disebabkan penguasa tidak lagi amanah dalam melaksanakan kewajiban sebagai wakil Tuhan dalam mengendalikan masyarakat. “Semua mesti koreksi,” kata dia.

Ketua KPA Silian, Frangki Matu menjelaskan, asap yang keluar dari Gunung Soputan hanya kecil, tapi berbentuk unik
menyerupai sangkakala.

Walau begitu, Matu membeber, asapnya tidak besar, dan itu hanya peristiwa biasa. Karena hingga Selasa malam tak ada asap lagi keluar dari Gunung Soputan. “Itu hanya peristiwa biasa,” kata dia.

Artikel Terkait Berita ,Fenomena

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf