Lima Pusaka Radya Pustaka Di Kirab, Kyai Rajamala Enggan Keluar

Terungkaplagi 9.11.14
Jumat sore (07/11/2014), sebanyak lima pusaka andalan Museum Radya Pustaka, dikirabkan untuk memperkukuh Sura sebagai bulan kebudayaan. Sedianya, koleksi legendaris berupa canthik perahu Kyai Rajamala, juga akan disertakan dalam kirab, hanya saja ketika 'ditayuh', secara mistis enggan keluar dari ruang penyimpanan.


Lima pusaka koleksi Museum Radya Pusta yang dikirab, jeals Ketua Panitia Kirab, Heru Mataya, masing-masing Kyai Pancasula, Kyai Wicaksana, Kyai Wibawa, Kyai Waspada danm Kyai Wasis. "Seluruh pusaka pilihan itu dalam bentuk tombak yang selain memiliki nilai artistik sangat tinggi juga dipercaya menyimpan nilai mistis," jelasnya.

Sebelum kirab diberangkatkan, tambah Heru, dilangsungkan ritual umbul donga kirab ageng yang dibawakan sejumlah penari diikuti prosesi mandi 'banyu kembang' di depan Patung Ronggowrsito. Seluruh prosesi menurut Heru, dimaknai sebagai upaya mendulang kembali khasanah tradisi Jawa yang kini mulai terpinggirkan.

Di sisi lain, Ketua Komite Museum Radya Pustaka, Purnomo Subagyo menambahkan, semula banyak usulan agar ;canthik; perahu Kyai Rajamala juga disertakan dalam kirab. Namun, usulan tersebut ternyata tak bisa direalisasikan, terkait dengan persoalan-persoalan non teknis seputar koleksi peninggalan Sunuhun Pakoe Boewono V itu.

Ketika dilakukan penataan ulang koleksi Museum Radya Pustaka beberapa waktu lalu, Kyai Rajamala sebenarnya juga hendak dipindahkan ke ruang lain yang lebih luas dan memiliki tingkat kelembaban lebih baik. Tapi yang bersangkutan enggan dipindahkan, sehingga sampai sekarang masih ditempatkan pada ruangan sempit dengan pencahayaan sangat minim.

Padahal, Kyai Rajamala termasuk salah satu koleksi "master piece" yang hingga kini masih menyimpan misteri. Mungkin ke depan perlu dibuatkan duplikat Kyai Rajamala, tambah Purnomo, sehingga dapat didayagunakan untuk menyemarakkan event-event tertentu, tanpa harus mengusik koleksi asli.

Artikel Terkait Berita ,Budaya

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf