Luar Biasa, Batu Akik Nyi Roro Kidul Ini Dijual Rp5 M

Terungkaplagi 19.11.14

Ada yang unik di Pameran Pesta Batu di Pasar Kita Pamulang Kota Tangerang Selatan. Sebuah batu akik yang diyakini lukisan Nyi Roro Kidul dijual seharga Rp5 Miliar.

Pedagangnya, Krisna mengaku sepintas batu itu tak ada yang aneh. Sampai diperhatikan ada warna-warana cantik yang membentuk motif serupa perempuan berselendang. Dia meyakini sosok perempuan itu adalah Ratu Pantai Selatan atau dikenal pula sebagai Nyi Roro Kidul.


Krisna yang juga seorang seniman lukis akhirnya memutuskan untuk menuangkan motif warna pada batu akik itu ke sebuah lukisan. “Saya melukis ini setelah saya melihat batu Nyi Roro Kidul ini,” katanyaSolopos.com kutip dari Liputan6, Senin (17/11/2014).

Krisna mengaku, awalnya mendapatkan bongkahan batu gambar Wonosobo ini pada 1995. Dia membelinya dari Pasar Jati Waringin, yang kemudian dia bawa pulang karena warnanya menarik. Namun saat dilihat, perpaduan warna seperti membentuk sosok. Kemudian dia buktikan dengan gosokan dan memotong batu seperti gantulan kalung.

“Ini gambar asli dari alam. Tidak saya lukis, gambar, apalagi pahat. Silahkan saja pegang,” ujarnya sembari menunjukan lebih dekat.

Keaslian batu milik Krisna ini pun dibuktikan dengan hasil uji sky gemonological laboratory pada tahun ini. Setelah diuji selama 11 jam, akhirnya batu bergambar Nyi Roro Kidul itu bersertifikat keaslian lengkap dengan pengakuan kalau batu tersebut asli Indonesia.

Buku Njai Loro Kidoel karangan Inten Bayan, seperti dikutip Google Book, menyebutkan Nyi Roro Kidul adalah sesosok roh dewi legendaris yang sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa dan Bali. Tokoh ini dikenal sebagai Ratu Laut Selatan (Samudra Hindia) dan secara umum disamakan dengan Kanjeng Ratu Kidul. Beberapa versi menyebut keduanya berbeda.

Catatan Wikipedia, kedudukan Nyai Loro Kidul sebagai Ratu-Lelembut tanah Jawa menjadi motif populer dalam cerita rakyat dan mitologi, selain juga dihubungkan dengan kecantikan putri-putri Sunda dan Jawa.

Artikel Terkait Fenomena ,Kreatif ,Permata

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf