Menguak Socotra, Pulau Eksotis Penuh Misteri

Terungkaplagi 27.11.14
Sebuah film dokumenter terbaru mengangkat salah satu tujuan wisata paling eksotis yang belum banyak diketahui orang. Socotra, pulau tersembunyi yang menawarkan pemandangan luar biasa.


Tidak hanya itu, penduduk pulau yang terletak di wilayah Republik Yaman ini mempertahankan gaya hidup kuno, di tengah kehidupan modern dan kecanggihan teknologi.

Dengan ratusan tanaman dan hewan endemik, empat Pulau Socotra yang dijuluki Kepulauan Galapagos di Samudera Hindia ini memiliki salah satu pemandangan “alien” di Bumi.

Di wilayah yang disebut “dunia yang hilang” ini terkenal karena memiliki 800 spesies flora dan fauna langka. Sepertiga dari yang ada di dunia, ditemukan di pulau ini.

Terletak 155 kilometer timur Somalia dan 210 kilometer selatan Yaman, Socotra menjadi tempat berpetualang dengan pantai berpasir putih, pegunungan batu kapur yang indah, dan satwa liar serta vegetasi yang tidak biasa.

Meski menyimpan sejuta pesona yang luar biasa, 40 ribu penduduk pulau ini masih menjadi misteri. Hal tersebut karena mereka terisolasi dari masyarakat modern.

Film dokumenter yang disutradari dan diproduksi oleh Carles Cardelus ini memperlihatkan kehidupan adat istiadat penduduk pulau yang berjuang untuk melestarikan tradisi selama berabad-abad.

Carles menceritakan kisah pulau ini melalui para penggembala kambing, nelayan, dukun, hingga imam.

Seperti dilansir Daily Mail, Carles mengatakan, saat pemutaran film ini, penduduk di sana memiliki budaya leluhur, kendati sekarang sudah mulai terpengaruh budaya modern.

"Beberapa tahun lalu nelayan tidak pernah menggunakan uang karena mereka menukarkannya dengan ikan. Kemudian kapitalis hadir di sana dan mengubah budaya mereka sangat cepat," katanya.

Carles menambahkan, penduduk Socotra sudah mempercayakan kesehatan mereka pada dokter, ketimbang datang ke shaman atau dukun. Budaya mereka berubah sangat cepat.

"Mereka menyukai hal-hal baru. Sebagai contoh, banyak orang yang menjual pulau mereka untuk membeli mobil atau kapal yang lebih besar. Mereka semua senang dengan hal baru," tambahnya.

Meski begitu, Pulau Socotra masih belum memiliki resort tradisional atau hotel mewah. Selain itu, sangat sedikit yang bisa berbahasa Inggris. Ditambah lagi, situs warisan dunia dari UNESCO ini masih kurang dalam hal infrastruktur wisata.






Artikel Terkait Fenomena ,Plesir

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf