Pantai Parangtritis Yogyakarta dan Sisi Mistisnya

Terungkaplagi 27.11.14


Siapa lagi yang tak kenal pantai parangtritis yogyakarta? pantai yang menyimpan keindahan saat sunset maupun sunrise, serta juga akan misteri-misterinya yang terkenal. Apa saja misterinya?

Lokasi Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta ini terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Lokasi ini hanya berjarak sekitar 30kilometer ke arah selatan dari pusat kota Yogyakarta. Serta jika para penelusur ingin kemari, moda transportasinya sangat mudah di cari dan di temukan. Jika menggunakan transportasi umum seperti bis, jika para penelusur sudah di terminal giwangan bisa langsung saja naik bus jurusan Jogja-Parangtritis. Nanti bus ini akan mengantarkan para penelusur sampai depan pintu gerbang masuk ke pantai parangtritis. Jadi cukup sekali jalan saja.

Pantai Parangtritis ini juga merupakan ikon wisata pantai di Yogyakarta. Pantai ini mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Sekarang di lokasi wisata Pantai Parangtritis juga ada ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga aeromodeling. Selain itu di sini juga bisa jika hanya ingi bersantai atau cuman bermain di bibir pantai dengan membuat istana pasir maupun bermain air di tepi pantai, namun perlu hati-hati karena ombak di pantai parangtritis terkenal akan besarnya. Waktu yang tepat untuk datang ke pantai parangtritis adalah pada sore hari. Ketika matahari sudah condong ke barat, senja mulai terlihat remang-remang dengan langit yang berwarna kuning keemasan membuat suasanta di pantai ini menjadi romantis. Biasnaya banyak para pemuda-pemudi terlihat asik untuk mengabadikan moment-moment sunset tersebut. Saat malam menjelang beberapa penjual jagung mulai berdatangan. Sobat bisa menikmati jagung bakar di pinggir bantai dibawah ribuan bintang dilangit.

Selain keromantisan dan keindahannya, rupanya pantai parangtritis ini juga memiliki misteri dan legenda masyarakat sekitar yang sangat terkenal, yaitu mengenai Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul. Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul sendiri adalah sesosok penguasa yang cukup melegenda dengan pakainya yang serba hijau. Oleh sebab itu para pengunjung dilarang untuk memakai pakaian yang berwarna hijau. Pantai selatan dianggap satu dari tiga unsur penting oleh masyarakat Jogja. Pantai Selatan ini satu garis lurus dengan Kraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Gunung Merapi yang dianggap sebagai elemen api, Pantai Selatan sebagai elemen air dan Kraton Yogyakarta sebagai penyeimbangnya. Setiap tahunya di Parangkusumo, Sultan Yogyakarta mengadakan upacara persembahan kepada Nyi Roro Kidul.

Artikel Terkait Mistis ,Plesir

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf