Peneliti Jerman Coba Pecahkan Misteri Candi Borobudur

Terungkaplagi 19.11.14
Keberadaan kepala arca Buddha di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, hingga kini masih menjadi misteri. Sebanyak 250 arca Buddha di Candi Borobudur tercatat masih tanpa kepala.

Sementara, hingga saat ini, hanya terdapat 56 buah patung kepala arca Buddha yang masih disimpan di Balai Konservasi Borobudur (BKB). 56 bagian kepala itu nantinya akan dipasang dan dicocokkan oleh ahli konservasi dari Jerman.


Jika berkunjung di candi yang dibangun oleh dinasti Syailendra ini, terlihat sejumlah arca Buddha di Borobudur memang terlihat tanpa kepala. Beberapa patung juga terlihat tanpa lengan dan tangan. Tak hanya itu, ada beberapa bagian relief yang sudah hilang di bagian wajah tokoh yang digambarkan. Hanya saja, hilangnya beberapa bagian itu masih menjadi misteri.

Adalah tim ahli konservasi dari Jerman yang kemudian didatangkan oleh UNESCO dan Balai Konservasi Borobudur (BKB) untuk melakukan pencocokan 56 “penggalan” kepala arca Buddha itu ke bagian badan arca Buddha di candi Borobudur. Pekerjaan ini bukan hal mudah, karena tim harus melakukan penelitian dan memastikan bahwa 56 kepala yang masih disimpan di BKB itu merupakan bagian asli arca Buddha candi Borobudur.

Menggunakan komputer jinjingnya, ketua tim ahli konservasi dari Jerman, Hans Leisen menunjukkan beberapa foto kepala arca yang masih disimpan. Bagian kepala tersebut terllihat berubah warna menjadi kecoklatan. Dia menunjukkan detil batuan arca tersebut yang telah diperbesar dan terlihat unsur batuannya secara detil.

Hans mengatakan, ada beberapa metode yang akan dilakukan oleh timnya. Hal itu dilakukan dengan metode penelitian terhadap batunya dengan penelitian petrografi. “Jadi kami melihat sayatan tipisnya kemudian bisa dicocokkan dengan badan yang ada di candi. Kalau batunya sesuai mungkin kepala dan badannya cocok,” jelasnya, Selasa (18/11/2014).

Hans mengatakan, memasang lagi kepala arca Buddha ini merupakan pekerjaan yang cukup berat. Karena, arca yang tidak berkepala ada 250an buah. “Memang pekerjaannya ini sangat rumit karena harus benar-benar pas,” ujarnya.

Artikel Terkait Berita ,Budaya ,Ilmiah

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf