Ternyata Alien Bisa Hidup di Dunia Tanpa Air

Terungkaplagi 24.11.14
Sejak dulu ilmuwan yakin bila semua makhluk hidup membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup dan berevolusi. Akan tetapi, penelitian terbaru menunjukkan bila hal itu salah.

Lewat eksperimen terbarunya, Profesor Dirk Schulze-Makuc mengungkapkan bila alien mampu bertahan hidup di lingkungan yang ekstrem tanpa air dan oksigen sekalipun. Alien-alien justru menggunakan karbondioksida untuk terus hidup. Bagaimana bisa?

Alien diklaim bisa memanfaatkan jenis gas CO2 khusus yang disebut 'karbondioksida superkritikal' untuk mendapatkan air. Karbondioksida superkritikal sendiri bisa terbentuk saat cairan dan gas CO2 yang ada di udara yang mencapai batas maksimal suhu dan tekanannya bergabung.


Di bumi, gas-gas karbondioksida superkritikal saat ini sering digunakan oleh manusia untuk menstrerilkan perlengkapan medis atau proses cuci 'dry cleaning'.

Profesor Schulze-Makuc yang berasal dari Universitas Washington itu percaya bila gas karbondioksida superkritikal bisa mendukung adanya kehidupan.

"Saya selalu tertarik dengan kemungkinan makhluk hidup 'spesial' untuk hidup dan beradaptasi dengan lingkungan yang ekstrem yang dipenuhi oleh karbondioksida superkritikal. Tapi, gas CO2 unik tersebut sering dipandang sebelah mata. Padahal karbondioksida superkritikal mempunyai potensi biologis," ujar profesor Schulze-Makuc.

Tim ilmuwan Universitas Washington menemukan bila enzim yang yang ada di tubuh makhluk hidup, termasuk manusia, ternyata lebih stabil dan tidak mati saat terpapar karbondioksida superkritikal. Sehingga beberapa bakteri diketahui bisa hidup berdampingan dengan gas karbondioksida superkritikal. Bakteri dan makhluk hidup sederhana lain adalah cikal bakal dari organisme yang lebih kompleks seperti manusia.

Penemuan ini sendiri merupakan sebuah pencapaian yang besar, terutama dalam usaha menemukan alien. Selama ini ilmuwan memang hanya memfokuskan pencarian alien di planet-planet yang ditengarai berisi air saja. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ilmuwan kini berusaha mencari alien di planet tetangga bumi, Venus. Mengapa Venus?

Planet Venus dianggap sebagai planet potensial di mana gas karbondioksida superkritikal bisa terbentuk karena atmosfer planet Venus sendiri dipenuhi oleh gas karbondioksida, Daily Mail(20/11).

Artikel Terkait Alien

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf