Super Saturnus dengan Cincin Super Raksasa

Terungkaplagi 28.1.15
Para astronom telah menemukan sebuah sistem cincin planet dengan proporsi yang sangat besar sehingga membuat cincin Saturnus terlihat kecil. Cincin-cincin telah terbentuk disekitar sebuah planet raksasa muda bernama J1407b, dan mereka adalah sistem cincin yang pertama yang ditemukan di luar tata surya kita.


Ilustrasi J1407b

Cincin pertama kali ditemukan pada tahun 2012, berkat tim yang dipimpin oleh Eric Mamajek dari University of Rochester di Amerika Serikat, tapi saat itu, mereka tidak memiliki cara untuk mengetahui seberapa besar cincin itu. Setelah tim pertama bekerja sama dengan para peneliti yang dipimpin oleh Matthew Kenworthy di Leiden Observatory di Belanda untuk menganalisis 30 cincin individu J1407b, akhirnya diketahui skala sebenarnya dari keindahan konsentris ini.

Ternyata, masing-masing cincin berdiameter puluhan juta kilometer dan kesenjangan antara cincin menunjukkan bahwa beberapa satelit - atau 'eksomoon' - telah terbentuk di sana, seperti banyak bulan kecil Saturnus. Diameter sistem cincin secara keseluruhan adalah sekitar 120 juta kilometer.

"Planet J1407b sendiri jauh lebih besar dari Jupiter atau Saturnus, dan sistem cincin adalah sekitar 200 kali lebih besar dari cincin Saturnus hari ini", kata Mamajek dalam siaran pers universitas. "Anda bisa menganggapnya sebagai semacam Super Saturnus."

Planet ini terlalu jauh untuk dilihat cincinnya secara langsung, jadi tim menganalisis data yang diambil oleh proyek SuperWASP dengan menggunakan metode transit - survei yang yang mendeteksi gas raksasa yang bergerak di depan bintang induknya dan meredupkan cahaya mereka (seperti sebuah 'gerhana'). Pada tahun 2012, Mamajek melihat gerhana aneh bergerak di depan bintang muda, yang disebut J1407, dan menyarankan bahwa mungkin gerhana aneh tersebut disebabkan oleh disk pembentuk bulan yang terbentuk di sekitar planet muda pendamping.

Sekarang, dengan menggunakan teknik pencitraan seperti spektroskopi Doppler untuk memperkirakan massa objek bercincin, para peneliti Rochester dan Leiden Observatory telah mendukung klaim ini, mengatakan bahwa bintang J1407 mungkin memiliki pendamping bercincin, yang mereka sebut J1407b.

"Rincian yang kita lihat dalam kurva cahaya, sungguh luar biasa. Gerhana berlangsung selama beberapa minggu, tetapi Anda melihat perubahan yang cepat pada skala waktu puluhan menit sebagai akibat dari struktur halus cincin," kata Kenworthy. "Bintang ini terlalu jauh, sehingga cincin-cincin tak dapat diamati secara langsung, tapi kita bisa membuat model rinci berdasarkan variasi kecerahan yang cepat dalam cahaya bintang saat melewati sistem cincin. Jika kita bisa mengganti cincin Saturnus dengan cincin J1407b, mereka akan mudah terlihat di malam hari dan akan jauh lebih besar dari bulan purnama".


Ilustrasi jika Saturnus diganti oleh J1407b, maka akan mudah dilihat di langit kita

Para peneliti juga menemukan bahwa sistem cincin Saturnus super ini mungkin mengandung massa sekitar massa Bumi, mengambang di partikel debu. "Jika kita menggiling empat bulan besar Jupiter menjadi debu dan es dan menyebar materi sepanjang orbitnya dalam sebuah cincin di sekeliling Jupiter, cincin akan begitu buram sehingga akan menghalangi cahaya. Saat cincin melintas di depan matahari, maka akan terjadi gerhana berhari-hari bagi pengamat jauh, "kata Mamajek. "Dalam kasus J1407, kita melihat cincin memblokir sebanyak 95 persen dari cahaya bintang muda seperti matahari ini hingga berhari-hari, sehingga ada banyak material disana yang kemudian bisa membentuk satelit."

Dalam data, para astronom menemukan setidaknya ada satu celah bersih dalam struktur cincin. "Salah satu penjelasan adalah bahwa ada satelit terbentuk dan mengukir celah ini," kata Kenworthy. "Massa satelit bisa antara Bumi dan Mars. Satelit akan memiliki periode orbit sekitar dua tahun mengelilingi J1407b."

Artikel Terkait Fenomena

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf