Melihat Peringatan 119 Tahun Kedatangan Orang Jawa di Kaledonia Baru

Terungkaplagi 23.2.15


New Caledonia atau Kaledonia Baru adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik. Di negeri jajahan Prancis ini, orang-orang Jawa eksis. Tahun ini adalah tahun ke-119 kedatangan orang Jawa di negeri di seberang lautan Prancis ini.

Upacara peringatan digelar di depan Monumen Kedatangan Orang Indonesia ke Kaledonia Baru Vallon du Gaz, Baie de l’Orphelinat, Noumea, dan dihadiri beberapa pejabat penting pemerintah antara lain Presiden Sementara Kabinet Pemerintahan Kaledonia Baru Cynthia Ligeard, Walikota Noumea Sonia Lagarde, Walikota Kehormatan Noumea Jean Le;ques, Duta Besar Jean-Luc Faure-Tournaire, beberapa anggota Kongres Kaledonia Baru, masyarakat setempat serta diaspora Indonesia.

Konjen RI Noumea, Widyarka Ryananta, menyatakan, keberadaan diaspora Indonesia merupakan bukti warisan jejak bangsa Indonesia di kawasan Asia Pasifik. Sebagaimana peribahasa di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung, diaspora Indonesia dapat secara harmonis hidup berdampingan dengan masyarakat Kaledonia Baru. Hubungan tersebut diharapkan dapat direplikasikan ke dalam hubungan antara Indonesia dan Kaledonia Baru dalam berbagai bidang.

Keturunan Indonesia di Kaledonia Baru bekerja di berbagai sektor dari mulai pemerintahan hingga swasta. Keturunan Indonesia yang saat ini menjabat posisi penting diantaranya Rusmaeni Sanmohamat (Anggota Kongres Kaledonia Baru dari Partai FPU - Front Pour L'Unite et Etente Provinciale Nord- partai loyalis Prancis), Yannick Slamet (Wakil Gubernur Provinsi Utara dari Partai PALIKA - partai pro-kemerdekaan), dan Corine Voisin (Walikota La Foa dari Partai CE- Caledonie Ensemble - partai loyalis Prancis).

Diaspora Indonesia terutama para generasi muda yang hadir dalam tersebut menghormati perjuangan nenek moyang mereka. "Saya bangga jadi keturunan Indonesia. Upacara ini menambah kecintaan akan leluhur dari Tanah Jawa yang datang ke Kaledonia Baru. Hal ini tidak pernah didapatkan dari bangku sekolah," ujar Audrey, generasi ke-3 keturunan Indonesia yang lahir di Noumea, Senin (23/2/2015).

Meskipun hanya bisa berkomunikasi dalam bahasa Prancis, namun kecintaan Audrey akan seni budaya tanah air diwujudkan dengan mempelajari tari Indonesia kontemporer.

Ketua Persatuan Masyarakat Indonesia dan Keturunannya (PMIK), Jean-Max Wiria mengungkapkan sejak tahun 1996, setiap tanggal 16 Februari, masyarakat keturunan Indonesia berkumpul untuk mengenang kedatangan leluhur mereka. "Saat ini, masyarakat keturunan Indonesia di Kaledonia Baru telah berbaur secara harmonis dengan komunitas lainnya. Kita tetap memegang semangat gotong royong yang diturunkan oleh leluhur kita, agar kita dapat saling membantu satu sama lain," paparnya.

Rangkaian terakhir Peringatan 119 Tahun Kedatangan Orang Indonesia berupa "Jamuan Sesepuh" di Bourail, Kaledonia Baru, Minggu (22/2). Selain sebagai forum silaturahmi lintas generasi, acara tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kesenian Indonesia.

"Selain untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia, diharapkan upacara ini juga menjadi jembatan hubungan baik dengan Pemerintah Indonesia," ujar Walikota Noumea Sonia Lagarde.

Orang Jawa datang ke Kaledonia Baru sejak keluarnya aturan "Koeli Ordonantie" pada 1880 yang mengatur hubungan kerja antara buruh dan majikan untuk menjamin ketersediaan tenaga kerja di perkebunan Belanda di Sumatera. Prancis kemudian meminta buruh dari Jawa untuk pertambangan nikel dan perkebunan di Kaledonia Baru. Sebanyak 170 pekerja dikirimkan ke Kaledonia pertama kali pada tanggal 16 Februari 1896.

Pengiriman pekerja migran tersebut dilanjutkan hingga tahun 1949 dengan total pekerja migran mencapai 19.510 orang. Saat ini, sekitar 1,62% penduduk Kaledonia Baru, atau sekitar hampir 7.000 jiwa merupakan etnis keturunan Indonesia (Jawa) berkewarganegaraan Prancis. Sementara yang masih memegang kewarganegaraan Indonesia tercatat 370 orang.

Artikel Terkait Budaya ,Fakta

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf