Misteri Suara Burung Uncuing yang Dianggap Pertanda Kematian

Terungkaplagi 14.3.15
Misteri Suara Burung Uncuing yang Dianggap Pertanda Kematian

Anda pernah mendengar suara burung yang disebut Uncuing? Bunyi burung itu mencuit panjang di tengah keheningan. Wik wik wik wik wik.....!

Di sejumlah daerah, bunyi burung Uncuing atau burung Kedasi ini kerap dianggap memberi pertanda akan adanya orang yang meninggal. Benarkah itu? Hiiii seram!

"Itu hanya mitos," kata Pakar Burung Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (Fahutan IPB) Dr Yeni Aryani Mulyani, Jumat (13/3/2015).

Yeni yang meneliti burung Uncuing ini memaparkan, sejak dia kecil pun mitos itu sudah dia dengar. Memang suara burung itu kadang terdengar menakutkan.

"Suara itu salah satu bentuk komunikasi. Kalau pagi itu mengumumkan wilayah teritori dia, kemudian mencari pasangan untuk menarik betinanya. Kan salah satu daya tarik burung itu dari suara yang paling keras, umumnya seperti itu," urai dia.

Burung Kedasi ini, menurut Yeni, masuk dalam kelompok burung anggota suku Kangkok atau Cuculidae, atau
dalam bahasa Inggris disebut Cuckoo. Nama lain yang diberikan kepada kelompok ini adalah Wiwik atau Uncuing, atau Sirit Uncuing.

"Jenis burung ini tak banyak yang tahu bahwa secara ekologi, bisa membantu petani. Burung ini memakan serangga," jelas dia.

Uncuing ini, lanjutnya, memiliki bentuk yang indah. Tapi jarang sekali yang bisa melihatnya walau suaranya nyaring terdengar.

"Burung ini pemalu, dia bersembunyi di dahan," tutupnya.

Artikel Terkait Fauna ,Mistis

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf