Benarkah Ada Masjid Dengan Lubang Menuju Mekkah?

Terungkaplagi 2.4.15
Pernah mendengar misteri masjid dengan lubang menuju ke mekkah? Bila belum, mungkin kamu perlu membaca artikel yang satu ini. Indonesia ternyata tak hanya kaya akan wisata alamnya, namun wisata religi pun patut diacungi jempol. Sulawesi Tenggara tepatnya kota Bau-Bau, memiliki sebuah masjid tua dengan arsitektur tak kalah megah. Meskipun tak semegah masjid Istiqlal di Jakarta ataupun masjid Dian Al-Mahdi (Kubah Emas), masjid ini tetaplah terlihat megah.

Meskipun didirikan sejak masa kesultanan Buton, masjid ini tetap terlihat apik. Kesan tua yang dipancarkan dari luar pastinya menarik minat siapapun untuk mengunjunginya. Pemerintah Sulawesi Tenggara sendiri ternyata masih mempertahankan keaslian dari bangunan masjid sendiri. Walaupun mengalami pemugaran beberapa kali, bangunan aslinya tetap terasa kental. Kamu bisa melihat bentuk persegi panjang yang memang dipertahankan hingga kini.



Bangunannya yang berbentuk persegi panjang, terasa kental sekali peninggalan kerajaan Islam di Buton. Masjid ini dikenal dengan nama Masjid Agung Wolio ataupun Masjid Agung Keraton Buton. Arsitektur sederhananya menggambarkan betapa kokoh sebuah kerajaan Islam dahulu kala berdiri. Sejak Sultan Buton ke 37 di tahun 1930, masjid ini telah mengalami pemugaran. Meskipun demikian, bentuk asli masjid tidaklah dihapuskan sama sekali.

Masjid yang berdiri di pulau Buton tersebut memiliki 12 pintu di keempat sisinya. Kedua belas pintu ini bukan tidak bermakna apa-apa, namun mengikuti jumlah pintu di benteng Wolio. Benteng kerajaan tersebut pun ternyata terdiri dari 12 pintu secara keseluruhan. Di bagian atas masjid, kita juga bisa melihat 12 jendela di keempat sisi. Maknanya tetap sama dengan makna pintu di bagian bawah masjid, yaitu jumlah pintu di benteng Wolio.

Lalu, mengapa muncul misteri masjid dengan lubang menuju ke Mekkah? Masjid ini ternyata satu-satunya masjid di dunia yang mendapat keajaiban tersebut. Bagaimana tidak, keunikan ini menyerap banyak tanda tanya. Apa alasan banyak orang mengatakan hal tersebut dan menobatkannya ke masjid tua tersebut? Kamu pastinya juga penasaran bukan dengan beberapa alasan yang melatarbelakangi hal satu ini.

Keindahan bangunan masjid ini masih tetap terlihat, meskipun tergolong masjid tua. Entah karena tetap dirawat dengan baik atau memang tak lekang dimakan zaman. Memasuki bangunan dalam masjid, kamu pastinya akan mengucap kagum berulang kali. Bagaimana tidak, masjid yang terlihat biasa-biasa saja dari luar tersebut, ternyata memiliki rahasia di dalamnya. Tepat di belakang mihrab, kamu akan menemukan pusena (pusat bumi).

Ini adalah sebuah lubang yang mengarah ke dalam pusat bumi dan masyarakat percaya bahwa ini langsung menuju ke Mekkah. Itulah mengapa misteri masjid dengan lubang menuju ke Mekkah sering terdengar di masyarakat sekitar. Konon, dari dalam lubang tersebut, pecinta kumpulan misteri bisa mendengar suara adzan langsung dari Mekkah. Masyarakat pun yakin jikalau kesultanan Buton dahulunya berdiri di atas pusat bumi dan lubang tersebut.

Lubang pusena inilah yang disebut-sebut sebagai gua menuju ke tanah Mekkah. Percaya atau tidak, cerita ini tetap hidup di tengah masyarakat dan dipercayai oleh banyak orang. Tak hanya julukan sebagai “Pintu Mekkah” saja yang disandang oleh pusena ini, namun ada mitos lainnya yang hidup. Pusena ini bisa menghadirkan memori masa lalu atau rasa kangen dengan orang-orang terdekat kamu. Bagi kamu yang melihat ke bagian dalamnya, kamu akan melihat orang-orang tersayang yang pergi mendahului menghadap sang khalik.

Jalan-jalan ke Sulawesi Tenggara tentunya bisa diisi dengan ziarah religi bukan ke masjid satu ini. Tak ada salahnya menambah keimanan sekaligus menikmati wisata alam yang disediakan. Masjid ini tetap akan membuat kamu berdecak kagum sekaligus mengucap syukur dalam satu waktu. Bayangkan saja, masjid tertua di pulau Buton tersebut terlihat masih bagus hingga hari ini. Kamu pun bisa mempelajari atau mengenal sejarah kesultanan Buton lewat masjid Agung Keraton Buton.

Misteri masjid dengan lubang menuju ke Mekkah rasanya tetap menyimpan beribu cerita hingga di akhir. Tetapi, tak ada salahnya kalau kamu ingin wisata religi bersama rekan, keluarga ataupun teman-teman. Berjalan ke Buton, bisa pula menikmati wisata pantainya yang terkenal dengan pasir putih. Dari arah masjid yang berdekatan dengan benteng, kamu bisa melihat panorama keindahan kota dari atas benteng yang berdiri begitu megahnya.

Kalau kamu tidak ingin berjalan jauh dari misteri masjid dengan lubang menuju ke Mekkah, kamu bisa menikmati indahnya air terjun. Air terjun ini hanya berjarak 4 kilometer dari kota Bau-Bau sendiri. Ketinggian air terjun mencapai 13 meter, sehingga kamu bisa menikmati segarnya dan dinginnya kucuran air terjun di bawah. Tetap masih belum puas dengan wisata religi di masjid agung keraton Buton? Jangan lupa menikmati sunset yang indah di pantai pulau Buton.

Artikel Terkait Misteri ,Religi

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment

 
- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.co.id/2012/12/cara-membuat-link-otomatis-di-blogger.html#sthash.WmsNvezS.dpuf